Dirawat di RSUD Tenriawaru, Begini Kondisi Pasien Suspek Corona

BONEPOS.COM - SUGIANTO Dray Vibrianto sebagai Ketua tim percepatan penanggulangan virus Corona (Covid-19) menyebutkan, di Kabupaten Bone belum ada yang terpapar pandemik suspek Covid-19.

BONEPOS.COM, BONE - Pasien diduga suspek Virus Corona, SY (71) kini menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD Tenriawaru, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bone, dr Yusuf Tolo mengatakan, pasien tersebut dirawat sementara di RSUD Tenriawaru lantaran rumah sakit rujukan penuh.

"Hal ini dilakukan karena rumah sakit rujukan di Sulsel tidak ada yang mampu menerima pasien karena over load," kata Yusuf, Rabu (18/3/2020).

Sampai saat ini, lanjut Dia, pihak RSUD Tenriawaru terus berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan yang ada di Sulsel, jika sudah siap menerima maka pasien akan segera dirujuk.

Sementara itu terkait kondisi pasien, Yusuf menyebutkan bahwa dari hasil pemeriksaan dokter radiologi, pasien tersebut positif menderita Bronkopneumonia atau radang paru-paru.

"Bronkopneumonia ini kata kunci yang menjadi tahapan sesorang dikatakan suspek Corona, karena sisa menunggu hasil lab dari Puslitbangkes apakah positif atau negatif Covid-19," ujarnya.

Lanjut Yusuf, jika hasil labnya positif maka dipastikan Covid-19 dan langsung akan dirujuk ke rumah sakit rujukan namun jika negatif maka pasien menderita radang paru-paru biasa.

Seperti diberitakan sebelumnya, SY masuk ke RSUD Tenriawaru Bone, pada Selasa (17/3/2020) sekira pukul 11.00 WITA. Saat itu pasien mengalami demam, batuk pilek, sesak nafas dan nyeri pada tenggorokan.

Sebelum masuk ke rumah sakit, pasien diketahui baru saja pulang setelah melakukan perjalan dari Sumatera dan Jakarta, tepatnya pekan lalu. (her/ril).