Tangani Pasien Diduga Suspek Corona, IGD RSU Tenriawaru Disulap Jadi Ruang Isolasi – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Tangani Pasien Diduga Suspek Corona, IGD RSU Tenriawaru Disulap Jadi Ruang Isolasi

  • Bagikan
Pasien diduga suspek corona saat dipindahkan ke ruang isolasi oleh petugas medis RSUD Tenriawaru Bone.

BONEPOS.COM, BONE – Pihak RSUD Tenriawaru Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan terpaksa menyulap ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk digunakan sebagai ruang isolasi salah satu pasien yang diduga suspek Corona (Covid-19).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bone, dr Yusuf Tolo mengatakan, langkah tersebut terpaksa diambil pihak rumah sakit, lantaran pasien yang diduga suspek Corona, belum bisa dirujuk ke Makassar.

“Hal ini dilakukan karena rumah sakit rujukan di Sulsel tidak ada yang mampu menerima pasien karena over load. Sebenarnya secara kewenangan bukan kewajiban pihak RSUD Tenriawaru, karena bukan rumah sakit rujukan (Covid-19),” kata Yusuf, Rabu (18/3/2020).

Baca Juga  Surat Cinta Inces; Makna Kesatria HJB 690 di Tengah Pandemi Covid-19 

Yusuf menjelaskan, kewenangan RSUD Tenriawaru hanya sampai pada pemeriksaan Orang Dalam Pengawasan (ODP) sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (ODP), merupakan kewenangan dari rumah sakit yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan.

“Sampai saat ini, pihak rumah sakit terus berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan yang ada di Sulsel, jika sudah siap menerima maka pasien yang diduga suspek Covid-19 ini akan kami rujuk,” jelasnya.

Baca Juga  Pentolan Kasih Sayang ala Pak Sastro dan Bukti Cinta Baznas

Meski demikian lanjut, Yusuf, pelayanan darurat untuk pasien umum dipindahkan ke ruang instalasi gawat darurat (IGD) Kebidanan. (her/ril).

  • Bagikan