Pemkot Tunda Sementara Peringatan Hari Kebudayaan Kota Makassar, Ini Penyebabnya

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Penyelenggaraan Hari Kebudayaan dan Bulan Budaya Kota Makassar, 1 April 2020, terpaksa ditunda. Penyebabnya, wabah Covid-19 atau penyebaran Virus Corona.

Kepastian penundaan itu ditegaskan Ketua panitia penyelenggara yang juga Asisten I Pemkot Makassar M Sabri saat konferensi pers di Museum Kota Makassar, Kamis (19/3/2020).

Upaya penundaan ini ditempuh sebagai langkah untuk mencegah perkembangan dan penyebarannya.

"Kami nyatakan ditunda sampai dengan batas waktu yang akan kami tentukan kembali selanjutnya," jelas M Sabri.

Ada sejumlah rangkaian kegiatan yang ditunda perhelatannya diantaranya upacara peringatan hari kebudayaan, karnaval atau parade budaya, festival kuliner tradisional, lomba masak antar ketua TP PKK se-Sulawesi Selatan serta malam seni budaya.

Meski menunda sejumlah rangkaian kegiatan, M Sabri menambahkan, pada 1 April 2020 seluruh elemen masyarakat diharapkan tetap melaksanakan peringatan Hari Kebudayaan dimana saja pada saat beraktivitas dengan mengenakan pakaian adat tradisional Sulawesi Selatan maupun pakaian tradisional nusantara lainnya.

Area pelayanan publik juga diminta menyediakan dan memutar backsound lagu atau musik instrumen tradisional Sulawesi Selatan sepanjang April 2020.

Panitia penyelenggara juga menghimbau gedung perkantoran agar menyediakan dan mengonsumsi makanan dan kue khas tradisional di lingkup kerja masing-masing.

"Khusus untuk usaha perhotelan dapat menyajikannya bagi para tamu," tutur Ketua panitia intern yang juga Kabid Penerapan Seni dan Kebudayaan Dinas Kebudayaan Kota Makassar Andi Herfida Attas. (ril)