APBD Bone Timpang; Mobil Dinas Pejabat Rp5,2 M, Penanganan Gizi Buruk Rp35 Juta

Ilustrasi Bonepos

BONEPOS.COM, BONE - Penganggaran di Kabupaten Bone, timpang. Perhatian Pemkab untuk menyelesaikan masalah sosial di masyarakat, minim.

Lihat saja, alokasi anggaran untuk kendaraan dinas pejabat lingkup Pemkab Bone mencapai Rp5,2 miliar. Sementara anggaran untuk perbaikan gizi masyarakat hanya Rp 35.240.000.

Beruntung, pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan telah menggelontorkan anggaran APBN sebesar Rp750 juta untuk bantuan operasional kesehatan (BOK) stunting di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Diskes Kabupaten Bone, Eko Nugroho mengatakan, anggaran tersebut digunakan untuk dua keperluan itu.

"Untuk APBD itu diperuntukkan pada pembinaan dan peningkatan kapasitas tenaga pengelola gizi (TPG) Puskesmas untuk 38 orang," jelasnya.

"Sementara APBN diperuntukkan untuk bantuan operasional kesehatan (BOK) Stunting yang kegiatannya antaralain, rembuk stunting, puskes lintas sektor, pelatihan tenaga kesehatan dan kader kesehatan, monitoring dan evaluasi," tutur Eko.

Anggaran APBN tersebut kata dr Eko juga dialokasikan untuk bantuan pemberian makanan tambahan (PMT) ibu hamil dan balita yang mengalami kekurangan gizi.

Hanya saja diakui Eko, alokasi anggaran program perbaikan gizi masyarakat itu masih tergolong minim. "Sebab dana sektor kesehatan itu banyak-banyak terserap di JKN di Kabupaten," ungkapnya. (sug/ril)