Update, Kondisi Terkini Pasien PDP Corona di Bone

BONEPOS.COM - HERMAN Pasien diduga suspek corona saat dipindahkan ke ruang isolasi oleh petugas medis RSUD Tenriawaru Bone.

BONEPOS.COM, BONE - Kondisi terkini satu orang warga berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19, di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, dilaporkan membaik.

Demikian diungkapkan Juru bicara Satgas percepatan Penanganan Covid-19, Bone, dr Yusuf Tolo dalam rilisnya kepada Bonepos.com, Jumat (20/3/2020).

Yusuf menuturkan pasien suspek Corona yang sebelumnya dirawat di ruang isolasi Covid-19 RSUD Tenriawaru itu sudah diperbolehkan pulang oleh tim dokter.

"Kondisi pasien tidak lagi demam dan keluhan batuk. Tim medis dari laboratorium TGC Diskes juga sudah mengambil spesimen SWAB pasien, untuk selanjutnya dikirim ke Provinsi," kata Yusuf.

Meski diperbolehkan pulang, lanjut Yusuf, pasien asal Kecamatan Barebbo tersebut, tetap diminta untuk mengisolasi diri di rumah dengan mendapat pengawasan dari Puskesmas Kading.

"Tetap dalam pengawasan selama 14 hari terhitung saat masuk rumah sakit. Sebelumnya telah dilakukan edukasi kepada keluarga untuk mengurangi kontak dengan yang bersangkutan," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, PDP Corona Bone ini masuk ke RSUD Tenriawaru Bone, pada Selasa (17/3/2020) sekira pukul 11.00 WITA. Saat itu pasien mengalami demam, batuk pilek, sesak nafas dan nyeri pada tenggorokan.

Sebelum masuk ke rumah sakit, pasien diketahui baru saja pulang setelah melakukan perjalan dari Sumatera dan Jakarta, tepatnya pekan lalu.

Saat dilakukan pemeriksaan, oleh dokter radiologi, pasien tersebut positif menderita Bronkopneumonia atau radang paru-paru yang merupakan gejala awal dari virus Covid-19 (her/ril).