Aplikasi yang Jadi Trending Sejak Wabah Corona, Apa Saja?

Ilsutrasi belajar dari rumah

BONEPOS.OM - Sejak sekolah diliburkan, apikasi untuk menunjang belajar dan bekerja dari rumah mendadak populer dalam seminggu belakangan. Beberapa di antaranya bahkan masuk ke dalam tren pencarian Google, Selasa (23/3/2020).

Apa sajakah aplikasi yang dimaksud? Penasaran?  Bonepos.com merangkum beberapa aplikasi yang jadi trending.

1. Hangouts Meet

Aplikasi dari Google ini digunakan oleh para pelajar, mahasiswa, dosen, hingga pekerja untuk melakukan pembelajaran atau rapat jarak jauh. Dalam seminggu belakangan, sejumlah penggunanya pun dengan bangga memamerkan aktivitas mereka di Hangouts Meet di media sosial lain, seperti Instagram.

Demi menunjang pengguna, Google memutuskan menggratiskan layanan premium Hangouts Meet sampai 1 Juli.

Karena layanan premium menjadi gratis, pengguna berhak atas manfaat berikut ini:

- Batas ditingkatkan hingga 250 peserta per panggilan video

- Siara langsung bisa menampung hingga 100 ribu pemirsa

- Panggilan/siaran dapat direkam dan disimpan ke Google Drive

2. Google Classroom

Google Classroom menduduki tren pertama di mesin pencarian Google siang ini. Para pelajar dan mahasiswa banyak diminta memakai layanan tersebut selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Nah, Google Classroom bisa dipakai menggunakan akun Google. Pengguna mesti memilih satu peran di antara pengajar dan murid.

Kelas daring adalah salah satu fitur Google Classroom. Untuk mengakses kelas, murid mesti mengetahui kode kelas yang sudah dibuat oleh pengajarnya.

Selain itu, ada pula laman tugas untuk para murid, diberikan langsung oleh pengajarnya. Karena menggunakan akun Google, jadwal tenggat waktu tugas bisa dicatatkan ke Google Calendar.

3. Zoom

Zoom mencatat 600 ribu unduhan baru pekan lalu, menurut Apptopia. Itu adalah angka pertumbuhan tertingi bagi perusahaan. Bahkan, AppAnnie menyebut, Zoom menduduki peringkat teratas kategori aplikasi gratis di sejumlah pasar.

Pada kuartal I, Zoom melihat peningkatan pengguna bulanan lebih besar daripada total pengguna pada 2019 di Amerika Serikat.

Pengguna layanan gratis bisa mengadakan rapat/pembelajaran jarak jauh selama 40 menit dengan maksimal 100 peserta. Sementara pengguna berbayar bebas menggunakannya tanpa batasan seperti itu.