Cara BPBD Bone Ringankan Beban Korban Puting Beliung

BONEPOS.COM, BONE - BPBD Kabupaten Bone menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam puting beliung di Desa Timurung, Kecamatan Ajangale, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin siang (23/3/2020).

Sebelumnya, musibah ini terjadi pada Minggu petang (22/3/2020). Puting beliung tersebut mengakibatkan sekitar 11 rumah mengalami kerusakan cukup parah diantaranya 7 rumah di Dusun Lemo dan 4 Rumah di Dusun Puang Nene.

"Kami berharap masyarakat tetap mewaspadai dengan kondisi cuaca yang tidak bersahabat seperti sekarang ini dan segera melaporkan kepada pemerintah setempat apabila terjadi bencana untuk kami tangani," jelas Kepala BPBD Kabupaten Bone, Dray Vibrianto, kepada Bonepos.com, Senin (23/3/2020).

Informasi yang dihimpun Bonepos.com, 1 rumah milik warga yang diketahui bernama Jupri (50) mengalami kerusakan paling parah karena rumahnya roboh diterjang angin.

Sementara 10 rumah lainnya mengalami kerusakan biasa diantaranya, rumah milik Jannase (53), Haderiah (50), Andi Ati (53), Minallahi (60), Matang (40), Atika (45), Suna (60), Hasi (55), Rana (35), dan Subaedah (55).

Kapolsek Ajangale Iptu Sryono yang dihubungi Bonepos.com membenarkan peristiwa tersebut, dia mengatakan tidak ada korban jiwa.

"Kejadiannya sekitar pukul 17.30 sebelum Magrib kemarin, 1 rumah roboh dan yang 10 lainnya mengalami kerusakan pada atap dan dinding," kata Sryono.

Pasca kejadian lanjutnya, pihaknya bersama Koramil Ajangale dan pemerintah desa langsung mendatangi lokasi kejadian untuk mendata korban yang tertimpa musibah sekaligus membantu warga untuk membersihkan sisa rumah yang diterjang.

"Dengan adanya kejadian ini, kami menghimbau kepada semua masyarakat agar tetap waspada dan menjaga diri apalagi cuaca akhir-akhir ini tidak stabil," tutup Sryono. (her/ril)