Sosok Syamsu Rijal Semasa Hidup di Mata Deng Ical

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Dr Syamsu Rizal menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya ke Rahmatullah, mantan Wakil Wali Kota Makassar periode 1999-2004, Syamsu Rijal.

"Saya atas nama pribadi menyampaikan turut berduka atas berpulangnya orang tua yang juga anutan terbaik kita di kota Makassar bahkan Sulawesi Selatan, yang telah meninggalkan warisan dan pengabdian kepada bangsa ini," ucap pria yang karib disapa Deng Ical.

Hal ini disampaikan saat Deng Ical melayat ke rumah duka, di Tamallayang, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Selasa (24/3/2020).

Dia menilai, sosok almarhum selama hidup adalah manusia yang sempurna.

"Pamong anutan, bahkan beliau telah meninggalkan warisan yang tidak ternilai harganya, mulai dari sistem pemerintahan, birokrasi dan tentu saja penghargaan yang tidak mampu lagi kita lakukan hal yang sama," ucap pria yang juga Ketua PMI Makassar ini.

Namun kata Deng Ical, secara pribadi merasakan peninggalan beliau ini masih melekat dalam dirinya.

"Karena nama saya itu asli diambil dari nama beliau (Syamsu Rijal). Jadi beliau ini sudah meninggalkan dan berhasil mengkader anaknya ini secara tidak langsung menyamai beliau menjadi Wakil Wali Kota," sebut politikus Golkar Sulsel ini.

"Kebetulan orang tua saya itu adalah junior dari almarhum yang sangat mengidolakan sosok beliau, sehingga almarhum bapak saya meminta izin untuk menggunakan namanya. Tentunya doa orang tua kami paling tidak menyamai prestasi dan karakter almarhum Syamsu Rijal, yang menjadi anutan pada zamannya," kuncinya. (ril)