Jangan Risau, Pemkot Makassar Siapkan Ruang Isolasi Covid-19, Disini Lokasinya

BONEPOS.COM - ISTIMEWA Ruangan ini diperuntukkan bagi pasien yang terpapar Covid-19 di Salah Satu Gedung Baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Kota Makassar.

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Keseriusan Pemerintah Kota Makassar dalam penanganan virus Corona (Covid-19) ditunjukkan dengan menyiapkan ruang isolasi.

Nah, ruangan ini diperuntukkan bagi pasien yang terpapar Covid-19 di Salah Satu Gedung Baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Kota Makassar.

Ruangan tersebut berada di lantai empat. Terlihat hampir rampung saat Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb melakukan peninjauan pekerjaan Rabu (25/3/2020).

“Alhamdulillah, progress-nya sangat bangus. Pekerjaannya dipercepat, mudah-mudahan beberapa hari ke depan sudah bisa digunakan," jelas Iqbal saat berkeliling mengecek setiap ruangan yang tengah dikerja.

Kata Iqbal, percepatan pengerjaan ruang isolasi ini merupakan langkah taktis untuk mengantisipasi terjadi lonjakan jumlah pasien yang terpapar Covid-19 di Makassar.

“Selain menyiapkan ruang isolasi, kami juga tengah mengupayakan kebutuhan lain yang tidak kalah pentingnya yakni Alat Perlindungan Diri (APD) bagi para tenaga medis,” kata Iqbal.

Sementara itu, Wakil Direktur Pelayanan Medik, RSUD Kota Makassar, Hasni saat mendampingi Iqbal menyampaikan, gedung isolasi yang disiapkan terpisah dengan gedung lainnya .

“Jadi seluruh ruangan di lantai empat di khususnya untuk penanganan pasien Covid-19, baik itu ODP, PDP, maupun yang positif. Untuk mengaksesnya juga sudah disiapkan jalur keluar masuk pasien tanpa yang berbeda dengan pasien umum lainnya. Jadi betul-betul terpisah. Liftnya juga disiapkan khusus hanya bisa diakses langsung ke lantai empat, tidak bisa berhenti di lantai lainnya,” papar Hasni.

Dijelaskan juga, untuk pengaturan tempat perawatan pasien yang dibuat jarak khusus yang berbeda dengan pengaturan di ruang perawatan pasien biasa.

“Insya Allah, kami melihat pengerjaannya sangat cepat, dan segera bisa digunakan untuk mengantisipasi membludaknya pasien Covid-19,” tambahnya. (ril)