Ujian Nasional Resmi Dibatalkan, Begini Tahapan Selanjutnya

BONEPOS.COM - INTERNET Ilustrasi

BONEPOS.COM, BONE - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang rencananya dilaksanakan April 2020, mendatang resmi dibatalkan.

Pembatalan UN tersebut berdasarkan surat penyampaian Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan nomor 0045/3223-sekret.1/Disdik, perihal pembatalan UN SMA/MA sederajat dan SMP/MTs sederajat Tahun Pelajaran 2019/2020.

Imbauan itu sebagai tindaklanjut Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona Virus Disease (Covid-19).

Untuk itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Bone akan menindaklanjuti dan menyesuaikan diri terkait instruksi dari pusat tersebut.

"Kita harus ikuti instruksi Gubernur untuk menyesuaikan instruksi dari pusat dan kita juga akan membuat edaran ke sekolah-sekolah penyelenggara," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Nursalam, dihubungi Bonepos.com, Rabu (25/3/2020).

Surat penyampaian itu sebelumnya akan dikoordinasikan dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Bupati Bone terkait soal teknis yang harus dilakukan sehubungan pembatalan Ujian Nasional itu.

"Tentu banyak persoalan teknis yang harus dijelaskan di sini dari semua aspek bagaimana langka yang harus dilakukan terkait hal teknis itu seperti nilai, penentuan kelulusan yang biasanya kita sampaikan melalui pengumuman, tanggal penandatanganan ijazah dan lain-lainnya," tutur Nursalam.

Terkait adanya perintah pembatalan tersebut, Dinas Pendidikan Bone akan mengadakan telekonferensi kepada seluruh sekolah penyelenggara Ujian Nasional dari jajaran Dinas Pendidikan pada Kamis (26/3/2020).

"Kita sudah menyiapkan grup WA untuk mengadakan telekonferensi bersama dengan seluruh sekolah penyelenggara Ujian Nasional melalui aplikasi HP atau Laptop. Diharapkan agar mempersiapkan aplikasi masing-masing," pinta Nursalam. (sug/ril)