Temuan “Boros” Rp502 Juta di Dinas PU Bone, Kadis: Tidak Ada Masalah

Ilustrasi

BONEPOS.COM, BONE - Review Harga Perkiraan Sendiri (HPS) di Dinas PU PR yang dilakukan Inspektorat Daerah Kabupaten Bone sebanyak 5 paket. Nilainya sebanyak Rp43 miliar.

Nah, Tim Inspektorat Daerah Kabupaten Bone sudah merampungkan review HPS tersebut. Khusus di Dinas PU PR Bone, harus dilakukan penghematan sebesar Rp502 juta.

Besarnya nominal ini, sebagai bentuk penghematan yang berhasil ditemukan Inspektorat Daerah dari total Rp43 miliar yang dikelola Dinas PU PR pada 5 paket. Jelas nominal yang tidak sedikit.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas (Kadis) PU PR Kabupaten Bone, Askar mengaku, tidak ada masalah. Walaupun ada yang ditemukan pihak Inspektorat Daerah dalam review HPS.

Lantaran, harga yang dipakai dalam review, kata Askar adalah harga yang saat ini berlaku di pasaran.

"Sementara harga yang dipakai oleh perencana adalah harga yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah," jelas Askar, kepada Bonepos.com, Kamis (26/3/2020).

Sebelumnya, Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Bone, Andi Islamuddin menegaskan, pihaknya akan memeriksa proyek yang menggunakan harga perkiraan sendiri (HPS).

"Sesuai hasil pertemuan dengan Korsupgah KPK. HPS akan direview oleh Inspektorat. Karena tidak boleh jalan proses tender sebelum direview HPS oleh Inspektorat," ungkap Islamuddin, beberapa waktu lalu.

Tujuan dilakukannya review HPS, kata Islamuddin, yakni memperjelas yang dibuat kontraktor sesuai pasar. Sekaligus menghindari adanya mark up.

"Ini juga dilakukan demi efisiensi penganggaran," kunci Islamuddin. (ril)