Pesan Berantai Daftar Nama Pasien Positif Corona di Sulsel, Begini Faktanya

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Publik di Sulsel, sontak kaget. Daftar nama-nama positif terjangkit virus Corona (Covid-19) di Sulsel beredar dengan cepat. Lengkap nama dan alamat pasien.

Informasi tersebut tersebar di media sosial, salah satunya di WhatsApp.

Makin meyakinkan publik, dalam pesan berantai tersebut juga tercantum sederet nama-nama yang notabene sudah diketahui publik sebelumnya, sebut saja Prof Idrus Paturusi (mantan Rektor Universitas Hasanuddin) dan Muhammad Ichsan Mustari (Kepala Dinas Kesehatan Sulsel).

Tidak sampai disitu saja, pada pesan berantai tersebut juga tertera bahwa surat itu ditujukan kepada Kapolda Sulsel dan dikirimkan Intelkam.

Nah, hadirnya nama-nama tersebut, menjadikan pesan berantai ini kian cepat tersiar. Apalagi, tidak sedikit publik penasaran nama-nama yang belum diketahui sebelumnya.

Lantas, apakah pesan berantai tersebut valid?

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo menegaskan, pesan berantai yang menunjukkan surat kepada Kapolda Sulsel yang berisikan daftar nama-nama pasien positif Corona di Sulsel, adalah informasi menyesatkan.

"Masyarakat jangan percaya dengan informasi tersebut. Daftar nama-nama yang ada dalam pesan itu tidak sepenuhnya benar dan informasi yang beredar bukan dikeluarkan oleh aparat kepolisian," jelas Ibrahim Tompo, kepada Bonepos.com, Minggu (29/3/2020).

"Kami menghimbau kepada masyarakat, jangan mudah percaya dengan hoaks, kecuali berita yang dikeluarkan oleh bidang kehumasan Polda Sulsel dan Biddokkes Polda Sulsel,” tambahnya. (ril)