PTS Diimbau Perpanjang Program WFH dan Pembelajaran Daring

BONEPOS.COM - ISTIMEWA Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin Daud Malago

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Sulawesi diimbau untuk memperpanjang progam Work From Home (WFH) dan pembelajaran daring sampai akhir Mei 2020 mendatang. Demikian ditegaskan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin Daud Malago, kepada awak media, Minggu (28/3/2020).

Perpanjangan itu dikeluarkan setelah memperhatikan surat edaran BPBN, Mendikbud, surat edaran Dirjen Dikti, dan surat edaran Gubernur Sulsel tentang Covid 19 serta perubahan status Sulsel menjadi zona merah Covid 19.

Maka Pimpinan LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi meminta dan menghimbau pimpinan PTS se Pulau Sulawesi merencanakan perpanjangan progam Work From Home (WFH) dan pembelajaran daring sampai akhir Mei 2020.

"Jadi programkan saja pembelajaran Daring hingga ahir Mei 2020. Jika ada perubahan, nanti akan disampaikan kemudian," kata Prof Jasaruddin.

Mohon pimpinan PTS mengontrol via aplikasi teknologi tentang proses pembelajaran Daring oleh dosen dan mahasiswa.

"Apapun aplikasinya tidak masalah yang penting learning out come bisa dijamin tercapai minimal jika menggunakan direct learning. Ditekankan sekali lagi, proses belajar mengajar dan kontrol oleh teknologi, bukan konvensional yang harus ketemu atau tatap muka," jelasnya.

Sementara itu, terkait pelaksanaan ujian skriprisi atau sejenisnya, lanjut Prof Jasaruddin, sebaiknya menggunakan media theleconference, via Zoom, Talk Fusion, dan sebagainya.

"Untuk para dosen tidak harus ke kampus hanya sekedar absen, termasuk DPK dan atau dosen serdos. Gunakam teknologi, paling tidak buat laporan PBM Daring, dengan bukti itu maka pengajuan serdos dan lain lain akan saya tanda tangani," ungkap doktor Fisika PPs-ITB ini.

Adapun jika ada pertemuan langsung, lanjut Dia, hal tersebut hanya karena terpaksa, namun tetap harus memperhatikan kebijakan distancing yang telah ditetapkan pemerintah. (yah/ril).