Begini Status Kebencanaan Penanggulangan Corona di Sinjai

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa/ist

BONEPOS.COM, SINJAI - Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Sinjai, terus bekerja.

Lantas, apa status kebencanaan yang diambil Pemkab Sinjai dalam penanggulangan Covid-19 ini?

"Siaga," kata Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa, Senin (30/3/2020).

Sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Kaupaten Sinjai, Budiaman menegaskan, masyarakat harus taat terhadap imbauan pemerintah.

Budiaman bilang, sebab imbauan mulai dari menjaga pola hidup bersih dan sehat, rajin mencuci tangan dengan sabun hingga menjaga jarak adalah salah satu upaya untuk menangkal penularan virus corona yang saat ini telah mewabah di berbagai daerah di Tanah Air, termasuk di Sulawesi Selatan.

"Jadi ini sangat penting untuk dilakukan demi menjaga diri agar kita tidak terjangkit virus yang mematikan ini," tutur Budiman.

Lanjut Budiaman menjelaskan, mengurangi aktivitas warga di luar rumah atau tidak bepergian keluar kota sementara waktu juga merupakan imbauan pemerintah.

Selain itu, apabila ada keluarga dari luar negeri atau dari luar daerah agar segera melaporkan kepada kepala desa dan camat setempat, dan yang sangat penting jika mengalami gejala sakit seperti demam tinggi, sesak napas, batuk dan tenggorokan sakit secepatnya memeriksakan diri ke puskesmas terdekat untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

"Kalau ini kita lakukan dengan baik, inshaa Allah maka virus itu akan jauh dari kita termasuk senantiasa menjaga kebersihan, olahraga teratur dan makan makanan bergizi," ungkapnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai menambahkan, saat ini juga pemerintah daerah Kabupaten Sinjai juga telah memperketat dan terus meningkatkan pengawasan dan pencegahan penyebaran virus mematikan ini di setiap posko perbatasan dan beberap titik lainnya di wilayah Kabupaten Sinjai. (air/ril).