Efek Corona, 49 Narapidana Lapas Watampone Bebas

BONEPOS.COM, BONE - Dalam dua hari, Lapas Watampone membebaskan warga binaan sebanyak 49 orang.

Hal tersebut dilakukan karena adanya pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih meresahkan masyarakat.

Humas Lapas Watampone, Ashar yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, ini merupakan program  Asimilasi di rumah bagi warga binaan pemasyarakatan kelas II A Watampone.

Program Asimilasi ini tidak hanya berlaku di Lapas Watampone saja melainkan di seluruh Lapas dan Rutan di Indonesia, yang berdasarkan pada keputusan Kementerian Kemenkumham RI. Hal demikian dilakukan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19

"Kemarin ada 24 orang yang dibebaskan, sementara untuk hari ini ada 25 orang, rencanya 27 orang tapi batal 2 orang," ujar Ashar kepadae Bonepos.com Kamis (2/4/2020).

Lanjut kata Ashar Warga Binaan Permasyakatan yang mendapat program Asimilasi ini harus mematuhi beberapa ketentuan yakni Narapidana yang 2/3 masa pidananya jatuh pada 31 Desember 2020, dan Anak yang 1/2 masa pidanya jatuh sampai 31 Desember 2020.

"Selain itu narapidana dan anak yang tidak terkait dengan PP nomor 99 tahun 2012 yang tidak sedang menjalani subsider dan bukan WNA," tambahnya.

Sementara Kalapas Bone Lukman Amin bilang, pemberian program Asimilasi ini dari Kemenkumham  khususnya Direktorat Jendral Permasayarakatan sebagai upaya penyelamatan WBP dari ancaman Covid-19.

"Untuk itu saya mengimbau kepada WBP yang dibebaskan agar nantinya tetap tinggal di rumah demi menjaga  dan mematuhi aturan pemerintah untuk menjaga keselamatan diri sendiri dari bahaya wabah Corona ini,"tutur Lukman. (her/ril)