JPU: Tidak Ada Keterlibatan Erniati dan Rosalim di Kasus PAUD

BONEPOS.COM, BONE - Setelah sempat beberapa kali mangkir di persidangan, dua saksi kasus PAUD yakni, Erniati yang merupakan Istri Wakil Bupati Bone, dan Rosalim Mantan Kadis Pendidikan hadir dalam persidangan kasus Korupsi dana PAUD di Pengadilan Tipidkor Makassar, Kamis (2/4/2020).

Informasi yang berhasil dihimpun Bonepos.com, Erniati dan Rosalim hadir dipersidangan tersebut didampingi Kuasa hukumnya, Firman Batari.

Agenda sidang kasus PAUD kali ini, diketahui adalah masih agenda pemeriksaan saksi. Sayangnya dalam sidang tersebut Majelis Hakim tidak memberikan izin kepada JPU untuk bertanya, dikarenakan kedua saksi tersebut masih dalam kesehatan terganggu (sakit).

Hal demikian dibenarkan Kasi Pidsus Kejari Bone Andi Kurnia. Kurnia mengatakan saksi mantan Kadis, Rosalim, dan Kabid PAUD, Erniati menghadiri persidangan.

Para saksi disumpah oleh majelis hakim, namun setelah disumpah penasihat hukum langsung menyampaikan kepada hakim bahwa yang bersangkutan sedang sakit dan dalam perawatan atau pengawasan dokter.

"Atas permintaan penasihat hukum yang meminta BAP dibacakan di depan persidangan. Majelis hakim kemudian meminta Jaksa hanya untuk membacakan BAP di depan persidangan mengingat kondisi kesehatan tidak memungkinkan untuk menjawab pertanyaan," jelas Kurnia.

Selain itu, Kurnia menyebutkan, dalam BAP yang dibacakan, tidak ada keterlibatan kedua saksi yang disebutkan, bahkan dalam fakta persidangan juga tak pernah ada seorangpun terdakwa yang menyebutkan keterlibatan Erniati dan Rosalim.

"Dalam BAP tidak ada yang menyebut keterlibatan saksi dan fakta sidang semua saksi tidak ada yang menyebut mereka," tambahnya.

Sekadar diketahui, ketiga terdakwa yakni Sulastri, Masdar, dan Ikhsan disidang sebelumnya ditetapkan sebagai tahanan kota namun meski demikian ketiganya tetap wajib mengikuti sidang selanjutnya, dan ketika sudah divonis, ketiganya tetap harus kembali dimasukan di dalam sel tahanan. (her/ril)