Ramai-ramai Dosen STIEM Bongaya Kuliah Daring, Tapi

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Aktivitas perkuliahan tetap berjalan. Namun, konsepnya berbentuk daring (online).

Hal itu terpaksa dilakukan, seiring kondisi yang tengah dilanda wabah Covid-19.

Seperti yang dilakukan STIEM Bongaya Makassar. Proses belajar mengajar dialihkan menggunakan aplikasi. Lokasinya masing-masing di rumah.

Humas STIEM Bongaya Makassar, Ansir Launtu mengatakan, proses perkuliahan melalui daring sudah dilakukan sejak 3 Minggu lalu. Bentuk pengaplikasiannya kepada mahasiswa, dosen diberikan kebebasan melakukan pembelajaran daring melalui berbagai aplikasi misalnya lewat LMS , Zoom, classroom google, WA dan lain sebagainya.

Lanjut Ansir, efektivitas Work From Home (WFH) sangat membantu baik dosen maupun mahasiswa disituasi pendemi Covid-19.

Namun demikian, tantangan dan kendala, tentu ada.

"Biasanya pada kuota dan jaringan," kata Anzir, kepada Bonepos.com, Kamis (2/4/2020).

Direncakan STIEM Bongaya Makassar memberlakukan kuliah daring sampai akhir April 2020 sesuai dengan perkembangan situasi Covid-19.

Wakil Ketua 1 Bidang Akademik STIEM Bongaya Makassar, Salma Abdullah menuturkan, Rujukan kuliah daring berdasarkan surat edaran kemendikbud, Menkes, dan imbauan LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo.

Ketua STIEM Bongaya Makassar, Mappamiring P. menambahkan, pola intraksi kepada mahasiswa dalam bentuk daring dengan Medsos mudah diaplikasikan seperti WA dan e-mail sampai pola intraksi zoom dan lainnya.

"Sangat efektif dan cepat berintraksi. Karena mahasiswa hampir semua punya HP. Sebagai alat komunikasi dan interaksi antara dosen dan mahasiswa," jelasnya.

Meski begitu, Mappamiring mengakui tantangannya terletak, pada sistem yang dipakai terbatas. Karena kuota, kemudian apabila mahasiswa di luar kota dengan jaringan terbatas. (ril)