Tanah Longsor di Poros Sinjai-Malino, Ini Penyebabnya

BONEPOS.COM, SINJAI - Peristiwa longsor terjadi di Jalan Poros Sinjai-Malino Kabupaten Gowa, tepatnya di Dusun Bonto Laissa, Desa Gantarang, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Senin (6/4/2020).

Bencana tanah longsor tersebut terjadi diduga akibat hujan deras yang terjadi di wilayah Kecamatan Sinjai Tengah dalam waktu tiga hari terakhir ini.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Desa Gantarang, Insan yang dalam akun media sosial facebooknya menyampaikan, soal kejadian tanah longsor di wilayahnya.

"Telah terjadi longsor jalan Poros Malino Makassar di Desa Gantarang," tulis caption-nya pada foto yang diunggah di akun facebooknya.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sinjai, Ahmad Karim yang ditemui di sela-sela rapat evalusi penanganan Covid-19 di ruang pola kantor Bupati Sinjai mengaku sudah mendapatkan informasi tersebut.

"Sementara tim menuju ke sana untuk mengecek dan memberikan arahan kepada penduduk di sekitaran kejadian longsor untuk semantara waktu mengungsi dulu," tuturnya.

Sementara itu, Kepolisian Sektor (Polsek) Sinjai Tengah telah mengambil tindakan cepat setelah terjadi longsor dengan memasangi Police Line di area tersebut.

Kapolsek Sinjai Tengah AKP Sunyoto mengatakan, longsor tersebut terjadi diakibatkan intensitas hujan akhir-akhir ini cukup deras sehingga sebagian badan jalan yang menghubungkan kecamatan Sinjai Tengah dan kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai menjadi ambles.

"Kurang lebih 25 meter panjang longsoran sehingga sebagian badan jalan menjadi sempit dan kendaraan yang melewati tepat di titik longsoran ini harus berhati-hati," ungkapnya.(air/ril)