LKBHMI Sorot Pemkab Bone Laporkan Rakyat, Ada Apa?

BONEPOS.COM, BONE - Berawal dari komentar pada berita di salah satu postingan akun atas nama Ulhy Rahman yang dibagikan laman grup facebook Info Kejadian Bone, berujung pelaporan pidana.

Sebuah komentar yang cukup mengambil perhatian dalam khalayak publik ini.

Pemerintah kabupaten Bone melalui bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Bone resmi melaporkan pemilik akun Sapri Andar di Polres Bone.

Direktur Eksekutif Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum HMI (LKBHMI) cabang Bone, Riswandi angkat bicara terkait permasalahan ini.

Kata Riswandi, tidakan pemerintah yang memidanakan rakyatnya, adalah langkah yang kurang tepat untuk pemerintah.

"Tidak ada upaya untuk merasionalkan dari pernyataan tersebut sampai pemerintah tergesa-gesa,” ujar Riswandi kepada Bonepos.com, Kamis (9/4/2020).

“Pasal penghinaan dalam Pemidanaan sudah berganti jadi delik aduan sebagai bukti bahwa secara pribadi yang bersangkutan memang merasa terhina. Ini pnting agar teman-teman dikepolisian tidak menafsir sendiri dengan sikap dan budaya penjilat majikan yang merusak demokrasi. Karena jangan sampai hal menghina bupati, dijadikan alat untuk tidak mengkritik pemerintahan," sambungnya.

Lanjut Riswandi, bisa jadi penghinaan pada situasi wabah seperti ini merupakan kemarahan masyarakat karena inkompetensi pemerintah menangani pandemi sekarang, harus dimaklumi. Jangan malah rakyat diancam.

"LKBHMI siap mengawal perkara dan mendampingi terlapor tersebut," kuncinya. (ash/ril)