PMI Gandeng TNI Hadapi Covid-19, Ini Perannya

BONEPOS.COM, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) dalam upaya memerangi penyebaran virus Covid-19 selalu bekerja sama dengan banyak pihak.

Demikian disampaikan Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) saat memberi pengarahan kepada sekitar 50 personel TNI yang mengikuti pelatihan Teknik Operator Gunner Spray di Markas Pusat PMI Kamis (9/4/2020).

Lebih lanjut JK menuturkan, pelibatan TNI diperlukan karena memiliki kemampuan khusus terutama kedisiplinan mengingat yang dihadapi adalah virus yang kasat mata.

“Kita memerlukan keterlibatan pihak TNI karena mereka memiliki kemampuan khusus, dan sangat disiplin, kedisiplinan sangat diperlukan dalam perang wabah ini karena yang kita hadapi adalah musuh yang tidak kelihatan,” papar JK saat memberikan pengarahan pada pelatihan Operator Gunner Spray di Markas Pusat.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI, Letjen TNI (Purn) Soemarsono berujar, TNI memilki kewajiban untuk turut serta dalam operasi pencegahan penyebaran wabah Covid-19 ini karena sesuai dengan Undang-Undang No 34 tahun 2004 mewajibkan TNI untuk bertugas menanggulangi bencana di mana wabah Covid-19 ini salah satunya.

“TNI sebagaimana yang diatur dalam undang undang memiliki tugas selain melakukan perang juga memiliki non perang yang disebut operasi militer selain perang (OMSP), di mana upaya pencegahan wabah salah satu bagian dari OMSP,” jelas Soemarsono.

Rencananya TNI yang dilibatkan akan bertugas selama 3 bulan sebagai operator Mobil Gunner Spray yang merupakan mobil tangki yang dirakit khusus PMI dan mampu menembakkan cairan disinfektan secara massif di perkantoran, rumah sakit, pasar, pemukiman warga serta tempat keramaian. (tim/ril)