FPI Desak Satgas Covid-19 Bone Pulangkan WNA China yang Menginap di Hotel

BONEPOS.COM - SUGIANTO Tim Satgas tanggap Covid-19 Kabupaten Bone saat memeriksa WNA asal China (Tiongkok) yang datang dan menginap di Hotel Novena, Jalan Ahmad Yani, Watampone, Kamis (9/4/2020) malam.

BONEPOS.COM, BONE - Tim Satgas Tanggap Covid-19 Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, didesak agar memulangkan 1 orang Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok yang datang dan menginap di Bone, Kamis (9/4/2020).

Demikian diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Front Pembela Islam (DPW FPI) Kabupaten, Andi Zulfikar Tufiq, kepada Bonepos.com, Kamis malam.

Menurut Dia, keberadaan WNA yang mengaku datang untuk tujuan Bisnis di Bone, dapat memberi dampak bagi merebaknya corona.

"Tim Satgas bersama Pemerintah Daerah mengambil kebijakan tegas agar segera memulangkan WNA, ini. Ini menjadi momok bagi warga mereka menjadi was-was dengan adanya WNA ini. Apalagi saat ini Bone masih Zero Covid-19," jelasnya.

Meski hasil tes WNA tersebut dinyatakan negatif Covid-19, lanjut Dia, hal itu bukanlah jaminan karena proses tesnya sendiri hanya menggunakan alat thermo gun (pengukur suhu) saja.

"Tesnya negatif itu bukan jaminan, karena itu hanya sebatas tes suhu badan saja, sementara untuk menentukan negatif yang lebih akurat itu dengan tes swab. Apakah tim Satgas ini berani menggaransi kalau belakangan Dia positif?," tegasnya.

Selain itu juga, pihaknya meminta Pemerintah Daerah agar segera menutup akses kedatangan turis yang berasal dari China. Menurutnya itu perlu dilakukan mengingat jumlah kasus dan korban jiwa akibat virus corona semakin meningkat.

Diberitakan sebelumnya, seorang WNA yang berkewarganegaraan Tiongkok, berinisial WY masuk terdaftar sebagai Tamu di Novena Hotel sekira pukul 18.00 Wita.

Pasca datangnya WNA tersebut, pihak hotel langsung menghubungi pihak Satgas Tanggap Covid-19 Bone untuk datang melakukan pemeriksaan dan pendataan.

"Betul dia masuk sekitar 18.00 Wita, beliau adalah berkewarganegaraan Cina, setelah dicek suhu tubuhnya, alhamdulillah Aman, jadi Dia lanjut untuk menginap," ungkap Irla Andini Marcomm Executive Secretary Novena Hotel kepada Bonepos.com, Kamis (9/4/2020). (sug/ril).