BONEPOS.COM, LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani panen sayur di Dusun Karya Bakti, Desa Sidomukti, Kecamatan Mappedeceng, Minggu (12/4/2020).

Bupati Lutra Indah Putri Indriani mengatakan, lokasi panen sayur tersebut merupakan program Komunitas Kampung Sehat yang merupakan binaan Wakil Ketua I DPRD Lutra Karimuddin.

Sudah ada 31 titik sayur yang merupakan program Komunitas Kampung Sehat tersebut.

“Kita berharap masyarakat di tempat lain untuk melakukan hal yang sama, karena Kita mempunyai aset yang banyak untuk dimanfaatkan. Inilah yang dimaksud aset based community development yaitu memanfaatkan aset yang dimiliki meskipun tidak terlalu luas,” kata Indah.

Meskipun begitu, sebut Indah, hasilnya bisa memberi manfaat kepada keluarga, paling tidak bisa memenuhi kebutuhan sayur mayur di rumah tangga dan selebihnya bisa menambah penghasilan ekonomi keluarga dan menambah uang saku.

“Saya harap komunikasi ini jangan berhenti karena program ini sangat baik untuk kesejahteraan rumah tangga, kita dapat sehatnya, dapat ekonominya, dan dapat keuntungannya,” ungkap Indah.

“Hari ini kita memanen sayur paria setelah 3 bulan dan kangkung yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 16 hari,” tambahnya.

Semua sayur yang dipanen dibeli langsung Bupati Lutra Indah Putri Indriani untuk dibagikan ke masyarakat setempat.

“Sayur-sayuran yang kita panen hari ini tolong diberikan kepada seluruh masyarakat setempat, agar kita sama-sama merasakan manfaatnya,” ujar bupati yang kerap disapa IDP ini.

Bupati perempuan pertama di Sulsel itu juga berkeliling dusun membagikan bibit cabai, tomat, dan terong, kepada masyarakat.

“Ini merupakan program duopoli yang setiap rumah akan dibagikan, namun di dusun ini komunitas kampung sehat tidak hanya menyediakan dua jenis bibit saja. Ada tiga jenis bibit tanaman yang akan diberikan ke masyarakat beserta dengan jaring-jaringnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara panen sayur tersebut, Wakil Ketua I DPRD Lutra Karimuddin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lutra Alauddin Sukri, Kepala Dinas Perikanan Lutra Muharwan, dan Camat Mappedeceng Kadri. (jus/ril)