Hewan Peliharaan Sehat di Tengah Pandemi Covid-19, Begini Tips ala drh Fauzi

drh. Muhammad Fauzi Asjikin

BONEPOS.COM, BONE - Di tengah pandemi Covid-19 yang tengah melanda, menjadi tantangan bersama-sama.

Nah, untuk menghadapi kondisi yang dapat mengganggu kesehatan, pada umumnya. Maka masyarakat dianjurkan #stayhome atau #dirumahaja.

Anjuran itupun menjadi pilihan yang paling bijak untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Demikian imunitas diri harus tetap terjaga.

Imunitas tubuh juga menjadi penting bagi anabul (anak berbulu), sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan, maka perlu diterapkan beberapa tips yang dapat membantu kesehatannya tetap terjaga dengan baik di tengah pandemi Covid-19. Berikut ulasan drh Muhammad Fauzi Asjikin S.K.H, diantaranya;

1. Menjaga asupan nutrisi yang diberikan. Makanan yang bergizi akan membantu mempertahankan kondisi tubuh agar tidak mudah drop. Air minum juga menjadi perhatian yang sangat penting untuk menghindari dehidrasi.

2. Hindarkan anabul kesayangan Anda dari perilaku yang dapat menyebabkan stres, seperti menggonta-ganti pakan atau kondisi lingkungan yang terlalu bising.

3. Jangan lupa untuk selalu membawa anabul Anda untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi, berjemur dapat dilakukan pada pukul 08.00 pagi hari selama 10-15 menit.

4. Lakukan jadwal rutin untuk membersihkan area tempat anabul membuang kotoran, khususnya pada litter/pasir agar anabul Anda merasa nyaman saat buang air. Litter yang jarang dibersihkan akan menyebabkan anabul enggan untuk membuang air yang dapat memicu terjadinya konstipasi sehingga mengganggu kesehatan anabul Anda.

5. Ajaklah anabul Anda bermain dengan permainan sederhana misalnya dengan menyiapkan bola atau permainan khusus bagi anabul agar anabul Anda aktif dan terhindar dari stres.

6. Bagi pemilik rumah yang dalam kondisi kurang sehat seperti terserang flu, batuk dan sebagainya, maka hindari sementara waktu untuk bermain dengan anabul Anda.

7. Rajin untuk melakukan grooming bagi anabul. Lakukan sekitar sekali dalam seminggu atau sekali dalam dua minggu atau mengikuti kondisi anabul Anda. Jangan grooming di waktu anabul mengalami penurunan aktivitas tingkah laku atau suhu tubuh menurun atau meninggi. Gunakan sampo dan sabun khusus untuk hewan kesayangan Anda agar terhindar dari infestasi ektoparasit (kutu, caplak, tungau dan pinjal) serta infestasi jamur.

8. Berikan obat anthelmintika (obat anti helminth/cacing) sesuai dosis dan takaran yang tepat (konsultasikan dengan dokter hewan).

9. Jangan lupa untuk menjaga jadwal vaksinasi anabul kesayangan Anda, tindakan ini adalah tindakan utama untuk melakukan pencegahan penyakit menular antara anabul yang dapat mengancam kesehatan hewan kesayangan Anda. Lakukan vaksinasi pada dokter hewan terdekat dari lokasi Anda.

10. Dan yang paling penting, selalu lakukan check up rutin pada dokter hewan yang berwenang serta konsultasi jika terjadi penurunan aktivitas tingkah laku dari hewan kesayangan Anda.

Mari jaga kesehatan anabul kesayangan Anda selain menjaga kesehatan diri di tengah pandemi Covid-19. Batasi aktivitas di luar rumah. (ril)