Disdik Bone Ubah Sistem Pengusulan SKTP, Ini Sasarannya

Suasana validasi berkas usulan SKTP di Kantor Disdik Bone. FOTO: SUGIANTO/BONEPOS

- Ribuan guru di Bone kembali melakukan pemberkasan untuk pengusulan penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP).

Di tengah Pandemi Covid-19, guru melakukan pemberkasan tidak lagi bergerombol di Kantor Dinas Pendidikan tapi berkas itu dikumpul melalui Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S).

"Kita sudah ubah sistemnya apalagi sekarang ini darurat Corona. Teknisnya tidak ada lagi guru berkumpul di Disdik tapi pemberkasan sertifikasi melalui K3S," ujar Kabid Program Disdik Rahmat A Wahab, kepada Bonepos.com, Kamis (16/4/2020).

Penerima sertifikasi tidak lagi harus antre, tapi berkas usulan yang akan diverifikasi atau divalidasi telah terjadwal penyetorannya mulai pukul 08.00 hingga 12.00 Wita dan pukul 12.00 hingga 15.00 Wita untuk masing-masing empat K3S.

Cara ini kata Rahmat, juga dinilai efektif karena perwakilan K3S tidak perlu berlama-lama di Kantor Disdik.

Adapun jumlah guru PNS jenjang TK, SD dan SMP yang siap diusul berkisar 3 ribu orang sedangkan guru Non PNS berkisar 1.008 orang.

"Setelah dilakukan verifikasi atau validasi usulan tersebut kita ajukan ke Pusat untuk penerbitan SKTP," jelasnya. (sug/ril)