Bupati Sinjai Jaring Prioritas Pembangunan Tingkat Desa via Vidcon

BONEPOS.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai helat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2021 dengan menerapkan Protokol Kesehatan, yang dipimpin Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa melalui Video Conference (Vidcon) di Ruang kerjanya, Jumat (17/4/2020).

Andi Seto mengatakan, musrenbang RKPD ini merupakan tindak lanjut dari Musrenbang di tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan serta Musrenbang Anak yang telah dilaksanakan, beberapa waktu lalu.

Di samping itu, proses penganggaran hendaknya juga lebih berorientasi pada rakyat dan prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan daerah.

"Musrenbang ini merupakan momen strategis dalam upaya menyusun prioritas pembangunan tahun 2021, selanjutnya akan menjadi bahan penyempurnaan Rancangan RKPD," tuturnya.

Andi Seto bilang, pelaksanaan Musrenbang tahun ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran Mendagri Nomor 440/2552/SJ tanggal 23 Maret 2020 tentang pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang harus tetap dilaksanakan melalui media Video Conference dengan tetap mengacu pada Protokol Penanggulangan Covid-19.

"Kita ketahui bahwa saat ini telah mewabah Covid-19, namun tidak mengurangi keseriusan Pemkab dalam melaksanakan perencanaan pembangunan melalui musrenbang dan diharapkan menjadi media inspiratif bagi segenap stakeholder untuk mendukung kegiatan maupun program untuk anggaran di tahun berikutnya," ungkapnya.

"Saya minta seluruh pimpinan OPD, Camat dan seluruh elemen masyarakat agar terus bersungguh-sungguh untuk mewujudkan komitmen yang telah dibangun bersama dengan memperhatikan kegiatan yang mendukung pencapaian indikator yang telah ditetapkan dalam dokumen RPJMD," sambungnya.

Seto mengimbau seluruh OPD dan ASN di lingkungan Pemkab Sinjai untuk berperan aktif dalam membantu Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 dengan mentaati imbauan pemerintah.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sinjai Andi Ilham Abubakar berujar, Musrenbang ini bertujuan membahas dan menyepakati Prioritas Pembangunan Daerah berdasarkan Musrenbang yang telah dilaksanakan mulai dari tingkat desa.

"Setelah ini kita lakukan pembahasan melalui tiga komisi yang akan kita bentuk dan metodenya secara online atau grup WhatApp. Di dalamnya kita bahas mulai dari rencana kegiatan tahun depan, target, volume kegiatan, dan capaian kegiatan sesuai visi dan misi yang tertuamg dalam RPJMD 2018-2023," katanya.

Dalam musrenbang ini turut diikuti oleh Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong, Ketua dan Angggota DPRD Lukman H Arsal, Kepala Bappeda Provinsi Sulsel Yusran Yusuf, perwakilan dari Balitbangda Provinsi Sulsel, Kepala BPS Sinjai, Sekda Sinjai, para Asisten, Kepala OPD dan para Camat langsung dari ruang kerja masing-masing. (air/ril)