Benarkah Semangka Dapat Mencegah Kanker Prostat?

 BONEPOS.COM - Semangka termasuk buah primadona yang disukai siapa saja, rasanya yang manis dan segar membuat dahaga hilang seketika.

Harganya yang tak terlalu mahal, bentuk buahnya yang besar dan warnanya yang menggoda selera memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Kamu dapat dengan mudah menemukannya di supermarket, pasar buah segar hingga pasar tradisional.

Kamu bisa mengolah semangka menjadi beragam kreasi menu makanan hingga minuman ataupun dapat kamu makan langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Semangka juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh jika kamu rajin mengonsumsinya. Nah apa sajakah manfaatnya?

Semangka dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut, mencegah dehidrasi, menjaga kelembapan kulit, sumber kolagen, mengontrol tekanan darah, membantu ibu hamil untuk menangkal morning sickness hingga menjaga kesehatan mata. Kemudian, semangka juga dipercaya dapat mencegah timbulnya kanker pada prostat. Benarkah demikian?

Semangka mengandung 92 persen air. Setiap gigitan semangka mengandung vitamin A, vitamin C, antioksidan likopen dan asam amino dalam jumlah yang baik. Bahkan, semakin matang semangka, makin tinggi tingkat likopen dan beta karoten.

Kandungan tersebut ternyata memang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Antioksidan memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Sedangkan likopen memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko timbulnya kanker prostat.

Oleh sebab itu dengan rutin mengonsumsi semangka, diharapkan risiko terkena kanker prostat menjadi semakin kecil karena menurut data dari WHO, kanker prostat merupakan jenis kanker yang paling umum diderita pria. Dan di Indonesia sendiri, kanker jenis ini menempati posisi kedua sebagai kanker yang paling banyak diderita oleh pria.

Jadi, tak ada salahnya mulai sekarang rajinlah mengonsumsi buah yang satu ini agar kesehatanmu terjaga dengan baik.