Mendulang Uang Membuka Peluang ala Apindo di Tengah Pandemi Corona

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Dewan Pimpinan Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPP Apindo) Sulawesi Selatan mengajak para pengusaha di Sulawesi Selatan untuk berinovasi di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Ketua DPP Apindo Sulsel, La Tunreng di kediamannya di Makassar, Sabtu (25/4/2020).

La Tunreng menekankan pentingnya inovasi, kolaborasi, dan sinergisitas pada semua lini, sehingga kesulitan yang ada dapat dilalui dengan baik di tengah pandemi ini agar ekonomi tetap bisa berjalan, walaupun dalam kondisi yang kurang optimal.

Untuk itu, Apindo Sulsel sebagai sarana dunia usaha berinisiasi untuk menggelar Diskusi Serial Selama Bulan Ramadan sebagai bentuk spirit untuk mencari terobosan dengan inovasi yang baik.

“Dibutuhkan pemikiran-pemikiran cerdas yang melibatkan semua stakeholder agar ekonomi Sulsel tidak terpuruk yang berimbas pada semua sektor dalam kurun waktu berkepanjangan,” ujar La Tunreng.

Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif DPP Apindo Sulsel, Herman Heizer bilang, inovasi dibutuhkan oleh para pelaku usaha agar bisa mencari solusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi pelaku usaha selama masa pandemi.

Selanjutnya, Herman menuturkan, untuk diskusi pertama, yang menjadi narasumber antara lain Ketua DPP Apindo Sulsel La Tunreng, Ketua Kadin Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua PHRI Sulsel Anggiat Sinaga, Pendiri Kebab Turki Baba Rafi Hendy Setiono, dan Herman Heizer selaku moderator.

“Rencananya akan ada 8 seri diskusi. Yang pertama akan kami laksanakan Minggu, 26 April 2020 pukul dua. ID Meeting Zoom 7779992547,” kata Herman.

Herman berharap, dengan adanya diskusi ini, para peserta dan narasumber bisa saling berbagi pengalaman, tips maupun trik yang bermanfaat bagi para seluruh stakeholder yang ada khususnya bagi para pelaku usaha, maupun tenaga kerja yang ikut terdampak.

Di samping itu, kata Herman, melalui diskusi ini diharapkan mampu membuka peluang-peluang baru untuk berkolaborasi yang bisa memberikan manfaat dan solusi bagi orang banyak.

“Ide-ide baru dibutuhkan dalam kondisi seperti ini agar usaha bisa survive dan meminimalisir dampak negatif dari musibah ini,” pungkas Herman.

Berikut tema diskusi serial Apindo Sulsel:

Seri I: Ciptakan Inovasi Dalam Rangka Menghadapi Covid-19.

Seri II: Menjaga UMKM Lokal: Tulang Punggung Masyarakat di Era Covid-19.

Seri III: Nasib Proyek Infrastruktur Sulsel: Potensi, Peluang, dan Proyeksi.

Seri IV: Geliat Bisnis Online di Tengah Covid-19: Peluang Inovasi dan Tantangannya.

Seri V: Masih Adakah Peluang Ekspor bagi Pengusaha Sulsel? Membuka Celah di Tengah Covid-19.

Seri VI: Mencari Alternatif Bisnis bagi Industri Perhotelan dan Restoran Sulsel.

Seri VII: Relaksasi, Keberlangsungan Industri, dan Penyerapan Tenaga Kerja Sulsel.

Seri VIII: Perkembangan Logistik dan Distribusi di Wilayah Indonesia Timur di saat Covid-19. (ril)