MotoGP Mati Suri, Alex Rins : Semua Pebalap Pensiun

BONEPOS.COM - Situasi  MotoGP 2020 bagaikan mati suri, pertandingan belum jua dimulai malah terus diundur karena pandemi virus Corona.

Para pebalap MotoGP menjalani libur panjang karena balapan terus diundur. Wabah COVID-19 membuat perjalanan antar negara dibatasi, plus sejumlah negara memberlakukan protokol lockdown, sehingga balapan tak memungkinkan.

Balapan perdana rencananya digelar di Qatar dipastikan batal, sementara sejumlah seri ditunda. MotoGP Spanyol, Prancis, Italia, Catalunya, Jerman, Belanda, dan Finlandia sudah dipastikan mengalami pergeseran jadwal.

Saat ini, MotoGP Republik Ceko pada 9 Agustus mendatang seharusnya menjadi balapan perdana. Namun dinamika situasi masih akan memengaruhi, dengan kemungkinan terburuk balapan kembali ditunda untuk 6 bulan ke depan.

Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins menyebut saat ini ia dan para kolega hanya menghabiskan waktu di rumah tanpa banyak aktivitas. Di lain sisi, kehampaan akibat tak adanya balapan membuatnya sadar bahwa ia tak punya apapun untuk dikerjakan jika nanti pensiun.

"Saya di rumah saja dengan tidak banyak kegiatan karena semua hal yang biasanya saya kerjakan di rumah sepanjang tahun, saya menyelesaikannya dalam dua hari saja! Jadi kalau saya tak sedang latihan, saya cuma menghabiskan waktu bareng pacar, main PlayStation, atau bermain dengan anjing," ujar pemenang MotoGP Amerika Serikat dan Inggris musim lalu ini kepada Crash.

"Beberapa kali saya bilang ke diri saya sendiri 'Wow, Alex, setelah bertahun-tahun, semoga demikian, ketika kamu tak balapan lagi, apa yang akan kamu lakukan?'. Sekarang ini situasinya seperti semua pebalap pensiun!"

"Mereka di rumah masing-masing tanpa banyak kegiatan. Ketika saya pensiun, saya bahkan tidak tahu apa yang akan saya lakukan," tandas rider 24 tahun tersebut.