Pj Wali Kota Makassar Keliling Lorong Cerahkan Masyarakat untuk Tinggal di Rumah

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb berkeliling kota malam-malam. Orang nomor satu di Kota Anging Mammiri menemui warga untuk meminta dan menjelaskan alasan utama lebih baik tinggal di rumah dan alasan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di Makassar.

Bertempat di sebelah Kantor Lurah Mangasa, Kecamatan Tamalate, di sebuah pos pertemuan warga disebuah Lorong di jalan Sultan Alauddin, Senin malam (27/4/2020) Iqbal bercengkrama dengan sejumlah warga dan bercerita banyak hal fenomena Virus Covid-19 yang kini menjadi pandemi dunia.

Dengan penuh kekeluargaan, Iqbal menceritakan kisah sejumlah negara maju yang kini ketar-ketir menghadapi keganasan virus ini dengan jumlah korban jiwa yang begitu banyak.

“Mereka adalah negara maju dengan sistem kesehatan yang jauh lebih canggih dari kita. Namun toh mereka tetap saja kewalahan dan tidak siap menghadapi serangan wabah ini. Virus yang ada di sana tentu tidak jauh berbeda dengan virus yang ada di sini. Ini sangat penting untuk kita pahami bersama sehingga tercipta solidaritas yang besar untuk kita lawan bersama-sama dengan cara mematuhi aturan PSBB yang sudah kita jalankan,” papar Iqbal Suhaeb yang diamini sejumlah warga yang hadir.

Di tempat tersebut, Iqbal juga menyampaikan alasan aktivitas ibadah di masjid harus dihentikan untuk sementara waktu.

“Saya sangat paham mengenai perasaan saudara-saudara semuanya. Siapa sih yang tidak ingin berlomba-lomba bersujud di masjid, apalagi di bulan penuh berkah ini. Kita semua ingin bertarawih berjamaah, bertadarrus serta amalan-amalan ibadah lainnya di bulan Ramadan. Kita semua tidak menginginkan pembatasan ini, namun untuk sementara inilah yang terbaik, belum ada obat yang bisa mematikan virus tersebut. Olehnya itu cara terbaik yakni kuatkan imun dan tinggal di rumah," jelas Iqbal.

"Alhamdulillah saat ini sudah banyak saudara kita yang terkena virus dan akhirnya sembuh, jumlah yang meninggal juga relatif menurun. Mudah-mudahan ini tanda baik seiring dengan semakin patuhnya kita menjalankan aturan,” sambungnya.

Selain menemui warga di lorong-lorong, Iqbal juga mendatangi sejumlah pos perbatasan dan menemui aparat yang setia berjaga hingga malam.

“Kami sangat mengapresiasi semangat dan pengorbanan mereka, berjaga di sini hingga malam. Meninggalkan keluarga di rumah demi melawan pandemi. Mudah-mudahan saja ini semua bernilai ibadah dan mari semua menghargai jerih payah para petugas yang terus bekerja siang malam, baik itu aparat TNI, Polri, Satpol PP, pemadam kebakaran, perhubungan dan semua yang telah mengorbankan waktu dan tenaganya,” lanjut Iqbal saat berada di posko pertigaan Pettarani Alauddin.

Di tempat tersebut, Iqbal membagikan susu, kurma dan vitamin kepada para petugas yang bekerja. Sebelumnya Iqbal juga menemui para petugas di perbatasan Makassar Gowa dan melihat proses pemeriksaan terhadap pengendara yang melintas. (ril)