Zona Merah Covid-19 Kini Bisa Dideteksi Melalui HP, Begini Caranya

BONEPOS.COM - INTERNET Ilustrasi

BONEPOS.COM, JAKARTA - Pemerintah meluncurkan aplikasi yang memungkinkan pengguna bisa mendeteksi lokasi atau zona yang berisiko terkena virus Corona melalui handphone (hp). Namanya aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi ini adalah aplikasi yang dirancang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN untuk digunakan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas dalam mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia.

Aplikasi ini mengandalkan kepedulian (peduli) dan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Aplikasi PeduliLindungi menggunakan bluetooth Anda untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Pertukaran data akan terjadi ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi.

Selanjutnya, aplikasi ini akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Hal ini akan sangat membantu ketika pengguna tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak. Anda juga akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika Anda pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP.

Aplikasi serupa dengan mekanisme yang sama juga sudah digunakan secara efektif di negara lain, salah satunya adalah Singapura.

Aplikasi yang diberi nama Trace Together itu terbukti berhasil membantu mengendalikan penyebaran Virus Corona di negara tetangga tersebut.

Hingga hari ini, Jumat (1/5/2020), aplikasi PeduliLindungi yang diluncurkan Kementerian Kominfo ini telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna di Google Play Store.

Adapun cara menginstal aplikasi ini di handphone sangatla mudah, berikut caranya :

- Unduh aplikasi PeduliLindungi di Google Play Store
- Setelah berhasil diunduh, klik Jadi Partisipan yang berada di paling bawah beranda aplikasi
- Lalu masukan nama lengkap dan nomor ponsel yang aktif untuk dikirimi kode OTP
- Masukkan kode OTP dan klik Verifikasi
- Pengembang mencantumkan kalimat, "PeduliLindungi butuh data Anda untuk menghentikan penyebaran Corona (Covid-19)".

Di bagian bawah kalimat awal, ada juga kalimat yang tertulis, "Kami memerlukan data Nomor Handphone Anda. Kami memerlukan data Anda agar kami dapat segera menghubungi Anda jika ditemukan adanya riwayat kontak dengan seseorang yang terinfeksi Corona (Covid-19)". Lalu klik Saya Setuju.

- Aplikasi membutuhkan akses Bluetooth, klik Lanjutkan Pengaturan lalu klik opsi Allow (izinkan)
- Anda sudah berhasil menjadi partisipan PeduliLindungi.

Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan tim Bonepos.com, aplikasi ini berjalan lancar dan respon untuk bergulir dari satu opsi ke opsi lainnya cukup cepat.

Meski demikian, belum dapat dipastikan seberapa akurat layanan peringatan bagi pengguna yang sempat berinteraksi dengan pasien Covid-19.