Sosok Sanusi Karateng, Bupati Amran: Patut Diteladani Semua Generasi

BONEPOS.COM, WAJO - Kabupaten Wajo, berduka. Sosok tokoh pendidikan dan kesehatan asal daerah berjuluk Kota Santri ini, dr. H. M. Sanusi Karateng meninggal dunia, di Sengkang, Minggu (10/5/2020) malam.

Pendiri sekaligus Dewan pembina Yayasan Perguruan Puangrimaggalatung yang menanungi Universitas Puangrimaggalatung, mengembuskan napas terakhir pada usia 80 tahun.

Penyematan tokoh pendidikan dan kesehatan Kabupaten Wajo, bukan tanpa alasan. Semasa hidup, Sanusi Karateng sempat menjabat Kepala RS Wajo 1970-1971. Kadis Kesehatan Wajo 1971-1988, Kadis Kesehatan Bone 1988-1994.

Kepala RS Kusta Regional Indonesia Timur di Makassar 1994-2000. Aktif organisasi di HMI saat jadi mahasiswa.

Ketua Kosgoro Wajo, Dewan Penasehat Golkar Wajo dan Bone, Ketua IDI Wajo dan Bone

Putra Terbaik Wajo 1995, Dokter Peduli Pendidikan dari Kopertis Wilayah IX Sulawesi serta Dokter Peduli Kesejahteraan Masyarakat memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional.

Bukan hanya itu, juga sempat menduduki jabatan sebagai Legislator DPRD Sulsel Fraksi Partai Demokrat pada masanya ini juga mendirikan dan membesarkan Universitas Puangrimaggalatung (Uniprima), selalu simbol universitas pertama di Wajo dan sekitarnya.

Universitas ini merupalan gabungan dari empat sekolah tinggi. Keempat kampus itu, STIA Puangrimaggaltung, STKIP Puangrimaggalatung, STIP Puangrimagglatung dan STIKES Puangrimaggalatung.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, tahu betul sepak terjang Sanusi Karateng, yang peduli terhadap kemajuan daerah dan pengembangan kualitas SDM di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Tentu kita sangat merasa kehilangan dengan ketokohan Almarhum yang sangat memiliki kepedulian dalam dunia kesehatan dan pendidikan bahkan berbagai kegiatan sosial, beliau sangat kharismatik dan patut menjadi teladan buat kita semua generasi pelanjut untuk membangun daerah kita," kenang Amran Mahmud, kepada Bonepos.com, Senin (11/5/2020).

Almarhum meninggalkan empat orang anak. 2 laki-laki dan 2 perempuan. (sal/ril)