UAS : Cara Itikaf Dirumah Untuk Menjemput Malam Lailatul Qadar

BONEPOS.COM - Sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan adalah hari yang istimewa, sebagaimana dalam suatu hadist disampaikan  “Apabila Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memasuki sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), beliau mengencangkan sarungnya (untuk menjauhi para istri beliau dari berjima'), menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari no. 2024 dan Muslim no. 1174).

Hadist tersebut menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak ibadah di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Sebab di antara satu malam dari sepuluh hari tersebut ada satu yang istimewa, yakni malam Lailatul Qadar.

Salah satu ibadah yang dianjurkan pada sepuluh hari terakhir adalah melaksanakan ibadah iktikaf di masjid. Sayangnya tahun ini umat Islam harus menjalani ibadah puasa di tengah pandemi COVID-19, sehingga ibadah harus dilakukan di rumah. Iktikaf pun tak bisa dilaksanakan di masjid.

Lalu bagaimanakah cara itikaf di rumah?

Ustadz Abdul Somad yang biasa disapa UAS menyebutkan, tempat sholat untuk itikaf untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar dilakukan di dalam rumah. Hal ini karena saat ini dalam kondisi pandemi virus corona.

"Dalam masa corona, karena darurat bisa ambil nomor 3 (yakni sholat dalam rumah). Sumber: alfiqh al-islamy wa adillatuhu: juz 3, halaman 1757," ujar Ustaz Abdul Somad di Instagram-nya, seperti dilihat Bonepos.com, Kamis, (14/5/2020).

UAS menuturkan, arti itikaf yakni menetap di masjid dengan niat ibadah. Dalilnya Rasulullah SAW itikaf di 10 terakhir Ramadan hingga Beliau wafat. Istri-istri Muhammad tetap itikaf setelah Rasulullah wafat.

Dalam hadis riwayat Al Bukhari, tujuan itikaf yakni:

1. Mensucikan hati
2. Merasakan pengawasan Allah
3. Fokus ibadah
4. Melepaskan diri dari keduniawian
5. Berserah diri pada Allah

Seminim-minim itikaf, menurut UAS, lebih lama sedikit dari ruku'. Sedangkan semaksimal 2 itikaf yakni seperti yang dilakukan Rasulullah.

"Nabi pernah 20 hari tidak keluar masjid," tutur UAS

Lalu bagaimana cara itikaf di rumah? Ustaz Abdul Somad memberikan caranya yakni:

1. Shalat wajib dan sunat
2. Baca Quran
3. Zikir
4. Tafakur
5. Baca buku

Sementara 3 pilihan waktu itikaf yakni:

1. Shalat Subuh. Zikir sampai matahari terbit. Lalu sholat sunat isyraq sekitar 90 menit.

2. Shalat Isya

Kemudian melakukan Sholat tarawih, witir. Dilanjutkan dengan tadarus Quran dan berzikir. Waktunya total sekitar 90 menit.

3. Bangun Malam

Pilihan waktu itikaf saat malam Lailatul Qadar yakni bangun malam untuk sholat sunah wudhu, sholat sunah taubat, sholat sunah hajat, sholat tahajud. Kemudian baca Quran dan zikir. Waktunya total sekitar 90 menit.