21 Pelancong Malaysia Diwarning, Pemkab Bone Tidak Segan Jemput Karantina

BONEPOS.COM, BONE - Ada 21 warga Kabupaten Bone yang dipulangkan Pemerintahan Malaysia, Minggu (17/5/2020).

Kepulangan para warga Bone ini dijemput oleh Tim Gugus Tugas Kabupaten Bone Sulawesi Selatan di Pelabuhan Kota Parepare.

Sebelum memasuki kampung halamannya di Bumi Arung Palakka, para warga ini telah melewati pemeriksaan kesehatan yang sangat ketat baik saat masih berada di Sabah Malaysia maupun di perjalanan menuju Bone.

Salah seorang warga yang baru saja tiba di Bone, Junaedah (37) bercerita, pemeriksaan di Malaysia sangat ketat bahkan mereka dikarantina selama 2 bulan lamanya baru bisa menyeberang ke Indonesia.

"Kita di sana sangat ketat sekali, kita betul-betul tinggal di rumah dan dikarantina selama 2 bulan setelah mendaftar kepulangan kita ke Indonesia, begitupun juga diperjalanan," ujar Junaedah saat diwawancarai Bonepos.com, setelah tiba.

Lanjut kata Junaedah, saat berada di Tawau (Sabah) para warga yang hendak pulang ke Indonesia semuanya menjalani rapid test. Bagi yang non reaktif diperbolehkan lewat, sampai di Nunukan dilakukan pula hal yang sama baru bisa menuju Parepare.

"Kalau di Parepare hanya pemeriksaan suhu tubuh dan dimintai keterangan. Sungguh sangat ketat baru bisa sampai di Bone. Saya merasa sangat senang sekali tiba di kampung halaman setelah melewati beberapa kendala," akunya.

Saat tiba di Bone para warga Bone yang datang dari Malaysia ini disambut Wakil Bupati Bone Ambo Dalle. Dalam sambutannya, orang nomor dua di Kabupaten Bone kembali menegaskan, apabia setelah sampai di rumah masih-masing tetap harus menjalakan protokol kesehatan dan menaati semua imbauan pemerintah.

"Di desa masing masing semua memiliki rumah singgah, jadi untuk semua keluargaku yang baru datang patuhi semua anjuran pemerintah dan tetap isolasi mandiri. Apabila ada yang ditemukan melanggar dan tidak menghiraukan apa yang disampaikan ke Pemerintah maka kami akan menjemput dan membawanya ke Rumah Singgah Tim Gugus PPC 19," tegas Ambo Dalle. (her/ril)