Jelang Tidur, Banjir Bangunkan Warga Enam Desa

BONEPOS.COM, LUWU UTARA – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, sejak Kamis (21/05/2020) malam membuat Sungai Rongkong dan Sungai Salu Ampak meluap. Rumah warga kebanjiran.

Luapan kedua sungai tersebut merendam sekitar 6 desa yang tersebar di Kecamatan Baebunta, Kecamatan Malangke Barat, dan Kecamatan Sabbang Selatan.

Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara, Muslim Muhtar menjelaskan, banjir di Luwu Utara terjadi akibat meluapnya Sungai Rongkong dan Sungai Salu Ampak yang merendam permukiman warga sejak pukul 20.30 Wita.

“Luapan Sungai Rongkong merendam Besa Beringin Jaya, Lembang-lembang, di Kecamatan Baebunta, Sementara di Kecamatan Malangke Barat yakni Desa Wara dan Desa Limbong Wara, sedangkan untuk Sungai Salu Ampak merendam Desa Mari-Mari di Kecamatan Sabbang Selatan, ini data sementara dimana banjir baru saja meluap,” jelas Muslim, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Jumat (22/05/2020) dini hari.

Ketinggian banjir yang terjadi pada 6 desa tersebut bervariasi dari 50 sentimeter hingga satu meter.

“Data terbaru kami di Desa Beringin Jaya Kecamatan Baebunta saat ini air banjir sudah naik hingga 1 meter, warga sebagian mengungsi ke tempat aman dan rumah kerabat,” ucap Muslim.

Sementara Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Luwu Utara, Sahrul mengatakan saat ini BPBD Luwu Utara dan Kepolisian Polsek Baebunta turun ke lokasi siap siaga untuk mengevakuasi warga.

“Kami menuju ke lokasi banjir di Desa Beringin Jaya bersama personil Polsek Baebunta dengan menyediakan perahu karet untuk mengevakuasi warga,” ujar Sahrul. (jus/ril)