Misi Ganda di Balik Pembuatan Video “Takbiran” di Mako Batalyon C Pelopor

BONEPOS.COM, BONE - Pemerintah telah resmi menetapkan 1 Syawal 1441 H jatuh pada 24 Mei 2020, berdasarkan keputusan ini warga Indonesia akan merayakan Hari Raya Idulfitri 1441 H pada esok hari.

Ada tradisi yang rutin masyarakat Indonesia lakukan pada saat menyambut Hari Raya Idulfitri yaitu menggemakan Takbiran pada malam 1 Syawal. Takbiran dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri biasanya dilakukan di masjid-masjid atau dengan pawai di jalan-jalan utama.

Hanya saja, saat ini Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19 yang menuntut semua elemen masyarakat beraktivitas dan beribadah di rumah untuk mencegah penyebaran virus berbahaya ini.

Menyikapi hal tersebut, Satbrimob Polda Sulsel berinisiasi membuat sebuah video klip Takbiran menyambut 1 Syawal 1441 H di Mako Satbrimobda Sulsel dan Mako Batalyon Jajaran Satbrimobda Sulsel, yang akan diputar di salah satu stasiun tv.

Untuk Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, pengambilan video Takbiran dilakukan di Mako Batalyon C Pelopor yang beralamat di jalan. M. H. Thamrin No. 70 kota Watampone.

Pengambilan video yang dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, ini melibatkan Para Pasi dan Danki Jajaran Batalyon C Pelopor serta Tenribetta Perkusi sebagai bedug pengiring Takbir.

Dalam kesempatan ini Danyon C Pelopor menyampaikan perihal kegiatan ini. "Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441H, kami Jajaran Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel membuat video Takbiran di Mako sebagai pengganti Takbiran keliling yang lazim dilakukan ketika menyambut 1 Syawal. Hal ini kami lakukan sebagai contoh bagi masyarakat bahwa kegiatan takbiran masih dapat dilakukan di rumah masing-masing dengan memanfaatkan aplikasi online atau sosial media di tengah pandemi Covid-19," jelas Danyon C Pelopor.

Di tempat terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis, menuturkan, ini sebagai wujud dari Bakti Brimob untuk masyarakat.

"Kami Satbrimob Polda Sulsel berupaya untuk mengedukasi masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Menjelang Hari Raya Idulfitri 1441 H yang akan jatuh besok tanggal 24 Mei 2020, saya beserta Jajaran Satbrimob Polda Sulsel berinisiatif membuat sebuah video Takbiran yang dilaksanakan di Mako Brimob yang tersebar di tiga kota dan kabupaten yaitu Makassar, Parepare serta Bone. Video yang akan tayang di stasiun tv ini dibuat untuk mengedukasi warga agar melakukan Takbiran cukup dari rumah saja sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19," kunci Dansat Brimob Polda Sulsel. (ril)