Kado Idulfitri PLN untuk Soppeng, Masuknya Listrik di Pelosok Terpencil 

BONEPOS.COM, SOPPENG - Komitmen PLN untuk mengalirkan listrik ke seluruh Tanah Air hingga ke pelosok negeri, terus digaungkan.

Sekalipun di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Hal itu ditunjukkan PLN dengan berhasil mengalirkan listrik ke Dusun Tepoe.

Dusun Tepoe yang terletak di Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan menjadi salah satu dusun yang kini dapat menerima aliran listrik PLN.

Untuk melistriki 176 kepala keluarga (KK) yang berada di Dusun Tepoe, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 5,7 kilometer sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 1,4 kms, serta 2 gardu distribusi dengan total kapasitas 50 kiloVolt Ampere (kVA).

Pembangunan infrastruktur untuk mengalirkan listrik ke Dusun Tepoe butuh perjuangan tidak kecil. Untuk menjangkau Dusun terpencil tersebut, petugas PLN harus melewati jalanan terjal dengan kemiringan 30 hingga 40 derajat. Perlu kerja keras dan ekstra hati-hati.

Tak jarang kendaraan yang digunakan untuk mengangkut tiang seberat 1,3 ton kandas di tengah perjalanan. Petugas PLN membutuhkan waktu 1 jam perjalanan dari Kabupaten Soppeng untuk sampai di lokasi.

Masuknya aliran listrik ke dusun tersebut juga menjadi kado Idulfitri bagi masyarakat. Pasalnya selama ini dusun tersebut menggunakan genset untuk menopang kebutuhan listrik sehari-harinya.

Dalam kesempatannya, Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan Soppeng (ULP) Sul Sandy berharap dengan mengalirnya listrik di dusun tersebut, diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi dan pendidikan masyarakat.

"Di saat Hari Raya Idulfitri, inilah yang bisa kami persembahkan agar masyarakat bisa menikmati listrik di saat pandemi ini. Semoga listrik ini dapat bermanfaat dan dinikmati masyarakat saat Idulfitri ini," jelas Sandy.

Maupe Kepala Dusun Tepoe mengaku bersyukur listrik telah masuk ke dusun tersebut. "Kami berterimakasih kepada PLN karena di tengah keadaan seperti ini, listrik telah masuk ke dusun kami. Dengan adanya listrik, tentu Idulfitri kali ini akan sangat berkesan bagi kami," jelas Maupe.

Maupe juga melanjutkan, agar petugas PLN diberikan perlindungan di saat pandemi seperti ini. "Semoga dengan masuknya listrik dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat," tutupnya.

Adapun salah satu petugas PLN Pramesti bersyukur dapat membantu melistriki dusun Tepoe.

Dia bertutur, walaupun sedih tidak bisa mudik saat Idulfitri, namun rasa syukur dipanjatkan karena bisa membantu rekan-rekan PLN guna melistriki Dusun Tepoe. (ril)