Hore, Jalan Nusantara Tidak Macet Lagi, Ini Komitmen Pemkot dan Pelindo

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar Prof Yusran Jusuf, dan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Prasetyadi sepakat membangun tempat parkir sebagai areal transit bagi truk yang akan memasuki wilayah pelabuhan Soekarno - Hatta, Makassar.

Kebijakan itu ditempuh untuk mengatasi kemacetan di Jalan Nusantara, khususnya di sepanjang pelabuhan Soekarno - Hatta.

Prof Yusran bilang, salah satu kendala di areal pelabuhan adalah banyaknya truk yang parkir sehingga menimbulkan kemacetan.

"Kita segera membuat parkir transit di sekitar kawasan industri. Truk sebelum masuk pelabuhan bisa parkir di situ, sambil menunggu waktu bongkar muat. Pengoperasiannya berbasis digital," ujar Pj Wali Kota Yusran di rumah jabatannya, Selasa (26/05/2020) malam.

Luas area yang dipersiapkan sekitar 3 hektare yang dapat menampung hingga 1.500 unit mobil truk. Katanya, cara ini dapat menjadi solusi mengatasi kemacetan di sepanjang pelabuhan Soekarno - Hatta.

Selain itu, juga bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Makassar.

"Pemkot Makassar dan Pelindo IV sepakat membangun parkir transit. Kita upayakan dalam waktu yang tidak lama bisa ground breaking karena lahannya sudah ada milik Pemkot Makassar," sambungnya.

Kebijakan PT Pelindo (Persero) membangun lahan parkir transit bagi kendaraan truk telah diberlakukan di DKI Jakarta, dan hal ini terbukti dapat mengurangi kemacetan di area pelabuhan. (inn/ril)