Pesan Pangdam di Halalbihalal Virtual Bersama Gubernur Sulsel

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, mengikuti halalbihalal virtual bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) dan unsur Forkopimda Sulawesi Selatan, yang dipusatkan di Baruga Hasanuddin Jl. Sungai Tangka Makassar, Selasa (26/5/2020).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam Andi mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1441 H kepada para peserta halalbihalal Virtual Pemprov Sulsel.

"Minal aidin wall faizin, mohon maaf lahir dan batin," kata Pangdam Andi.

"Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan ridhoNya kepada kita semua serta senantiasa diberikan kebahagiaan hidup, kedamaian dan kesuksesan. Amin Ya Rabbal Alamin," sambungnya.

Sedangkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menuturkan, suasana halalbihalal secara virtual ini merupakan pengalaman pertama.

Ibadah Ramadan pun dilakukan penuh keterbatasan, seperti tidak bisa melakukan iktikaf dan Tarawih di masjid serta segala keterbatasan lainnya.

Nurdin juga menyampaikan, momen hari Raya Idulfitri ini harus dimanfaatkan untuk saling memaafkan. Ia juga berharap agar pandemi Covid-19 dapat segera berakhir.

"Saya bersama keluarga besar menyampaikan mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah meridhoi perjuangan kita dan pandemi Covid-19 ini segera berakhir," sebut NA.

Ustaz H. Usman Jasad hadir membawakan hikmah halalbihalal menyampaikan pentingnya untuk bisa mengendalikan diri.

"Melawan diri sendiri adalah lebih berat, perang Badar yang begitu dahsyat masih lebih berat dalam memerangi hawa nafsu diri sendiri," tutur Ustaz Usman.

"Salah satu sifat yang dimiliki setiap manusia adalah sifat marah. Ini manusiawi, tetapi harus dikendalikan. Perjuangan melawan amarah tentu tidak mudah, karena yang dilawan adalah diri sendiri," nasihatnya.

"Kebiasaan marah dapat memberikan efek buruk bagi diri sendiri dan dapat merusak kesehatan tubuh, rentan terkena serangan jantung, serta bisa merusak pergaulan," kuncinya. (ril)