Diduga Menyimpang, Tempat Ibadah di Jeneponto Kiblatnya ke Utara 

BONEPOS.COM, JENEPONTO - Warga di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, geger. Setelah menemukan sebuah bangunan musala yang arah kiblatnya mengarah ke Utara.

Untuk menuju lokasi bangunan tersebut, warga harus melewati jalan setapak dan bebatuan.

Tempat ibadah itu, terletak di kaki gunung Silanu, tidak seperti dengan tempat ibadah musala lainnya. Bangunan ini berada di Desa Pallantikang, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jeneponto, Amrullah Serang mengatakan, dia meninjau langsung tempat ibadah tersebut, bersama Pemerintah Kecamatan.

"Memang benar ada sebuah musala ditemukan arah kiblatnya ke arah Utara, bukan ke arah Barat sehingga besar kemungkinan ajaran yang dibawa para jamaah itu diduga menyimpang dari ajaran islam," ujarnya kepada Bonepos.com, Rabu (27/5/2020).

Amrullah bilang, peninjauan langsung dilakukan bersama dengan Pemerintah Kecamatan untuk melakukan koordinasi dengan jamaahnya atau penanggung jawabnya, namun sedang tidak berada di tempat.

"Kita sudah dari sana. Tapi penanggung jawab dan jamaahnya tidak ada. Jadi kita tidak ketemu," sebutnya.

Kepala Pemerintah Kecamatan Bangkala Andi Patappoi menuturkan, melihat dari bangunan itu, kiblatnya mengarah ke bagian Utara. Pemerintah sudah melakukan peninjauan lokasi tersebut.

"Kita sudah koordinasi dengan pihak yang berkompeten termasuk Polri, TNI, KUA Wilayah Kecamatan Bangkala untuk melakukan langkah-langkah persuasif. Hanya saja sampai sekarang pihak penanggung jawab belum bisa ditemani komunikasi," imbuhnya

Ia menambahkan, menurut informasi yang diperoleh dari warga setempat yang bersangkutan selaku penanggung jawabnya sedang berada di luar kota. (sam/ril)