Laptop Mewah Anggota DPRD Bone Habiskan Rp675 Juta, Ini Kelebihan dan Kelemahannya

BONEPOS.COM - INTERNET Macbook Air

BONEPOS.COM, BONE - Anggota DPRD Kabupaten Bone kembali mendapatkan sorotan. Pengadaan laptop dengan harga fantastis, membuat masyarakat bertanya-tanya di tengah pandemi Corona (Covid-19), Sabtu (30/5/2020).

Meski menjadi polemik, saat ini para anggota dewan boleh tersenyum lebar. Pasalnya Mereka kini bisa menikmati laptop Macbook Air seharga Rp15 juta, lantaran pihak Sekretariat DPRD sudah mendatangkan laptop tersebut.

Bila ditotalkan dengan jumlah anggota DPRD Kabupaten Bone sebanyak 45 orang, maka anggaran rakyat yang habis untuk laptop tersebut kurang lebih Rp675 juta.

Ketua DPRD Bone, Irwandi Burhan sebelumnya mengatakan, pengadaan laptop bagi 45 anggota dewan ini sudah lama, namun baru terealisasi tahun ini. Adapun tujuan pembagian laptop ini tidak lain adalah untuk menunjang kinerja para anggota dewan.

"Sudah lama, cuma baru terealisasi. Tujuannya untuk menunjang kinerja anggota, apalagi saat ini tengah pandemi Corona, rapat-rapat digelar secara virtual, selain itu bisa menyimpan agenda dan file seperti Ranperda dan sebagainya," ungkap Irwandi, kepada Bonepos.com, Sabtu (30/5/2020).

Selain itu lanjut Irwandi, dari segi keamanan, Macbook jauh lebih unggul dari laptop lain pada umumnya, karena dilengkapi vitur privasi Two-Step Verification, dimana program jahat bisa saja mencuri data.

"Macbook ini setidaknya aman. Bukan apanya nanti di Laptop itu isinya banyak data-data penting negara, nah itu tidak boleh sembarangan," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Bonepos, harga Macbook Air Apple seri MQD32ID/A melalui e-catalog lkpp.go.id dibanderol dengan harga Rp15.800.000.

Lalu, apa saja kelebihan dan kelemahan dari MacBook 13 inci ini ? Berikut ulasannya :

Kelebihan :

1. Desain tipis khas MacBook Air

Ketebalan atau tinggi dari MacBook ini adalah 1,7 cm dengan penampang 32,5 x 22,7 cm. Sedangkan bobot dari MacBook Air ini ada di kisaran 1,35 kg. Layar yang dibawanya berukuran 13,3 inci dengan resolusi 1.440 x 900 piksel yang sayangnya belum memakai retina display.

MacBook berbalut metal ini juga masih memiliki port yang terbilang lengkap bila dibanding dengan jenis MacBook lainnya. Pada sisi kanan, Anda akan mendapati port Thunderbolt 2, USB 3, serta slot kartu memori SDXC. Sedangkan pada bagian kiri, terdapat port USB 3 dan headphone jack.

Pada sisi kiri ini, Anda juga akan masih menemui port MagSafe 2 untuk mengisi daya. Port ciri khas MacBook ini hanya tersisa pada MacBook Air karena tipe lain sudah menggunakan pengisian daya melalui port Thunderbolt 3.

2. Baterai tahan lama

Kelebihan lain dari MacBook Air ini juga ada pada sektor baterai. MacBook ini bisa dipakai hingga 12 jam untuk pemakaian ringan seperti browsing atau menonton video di iTunes. Sedangkan waktu standby dari MacBok Air ini diklaim Apple bisa mencapai 30 hari.

Kemampuan baterai 54 watt-hour jenis Lithium Polymer ini terbilang unggul bila dibandingkan dengan beberapa Ultrabook Windows, sehingga MacBook ini cocok untuk dibawa bepergian tanpa harus terlalu memikirkan untuk mengisi baterai berulang-ulang.

3. Keyboard Chiclet dan Trackpad Multi-touch

Selanjutnya, Salah satu yang menjadi daya tarik dari MacBook Air adalah keyboard yang memiliki jarak antar tombol (island-styles/chiclet keyboard) sehingga nyaman untuk dipakai mengetik. Papan ketik jenis ini memiliki banyak penggemar sehingga dipertahankan oleh MacBook Air.

Trackpad pada MacBook Air ini juga nyaman untuk digunakan, walau belum menggunakan teknologi Retina Force Touch Trackpad seperti pada MacBook Pro, namun trackpad multi-touch pada laptop ini tetap berjalan mulus dan responsif saat dipakai.

4. Mendapatkan macOS terbaru

Tidak hanya memiliki keyboard Chiclet, MacBook Air ini juga sudah memiliki sistem operasi terbaru dari Apple, yaitu macOS Sierra yang bisa di-upgrade menjadi macOS High Sierra. Dengan OS teranyar ini, MacBook Air kini bisa menikmati fitur baru seperti Siri, kontinuitas antar perangkat iOS, serta fitur untuk belanja online, Apple Pay.

Selain mudahnya kerja sama dengan perangkat iOS lain, macOS terbaru ini juga membuat kamu bisa mengoptimalkan fungsi iCloud dengan akses yang lebih cepat dan sinkronisasi yang lebih mudah.

MacOS terbaru ini juga dilengkapi dengan fitur content caching yang mempermudah penggunaan aplikasi untuk beragam perangkat dengan memaksimalkan fungsi iCloud.

5. Tipe MacBook termurah

Kemudian, yang terakhir adalah harga. Produk Apple selalu jadi perbincangan lantaran harganya terbilang tinggi.

MacBook Air ini sendiri merupakan produk MacBook yang paling murah jika dibandingkan dengan dua produk yang sama-sama diperkenalkan pada tahun 2017, yaitu MacBook dan MacBook Pro.

Spesifikasi yang tidak terlalu meningkat dari versi sebelumnya mungkin menjadi alasan utama MacBook ini masih bisa ditawarkan dengan harga di bawah MacBook lain. MacBook Air ini membawa prosesor Intel generasi ke-5 dengan RAM LPDDR3 1600MHz sebesar 8GB.

MacBook yang sudah mendukung koneksi WiFi 802.11 ac ini memiliki tiga pilihan storage jenis SSD, yaitu 128GB, 256GB, dan 512GB. Anda harus memilih salah satu dari SSD ini karena tidak ada opsi untuk penambahan pasca pembelian.

6. Tidak Rentan Terkena Virus

MacOS dibuat dengan menggunakan basis UNIX (mirip dengan Linux). Dimana sistem operasi yang menggunakan basis Linux bisa dibilang lebih aman dan jarang terinfeksi oleh virus.

Diketahui bahwa salah satu hal yang menyebabkan MacOS jarang terserang virus adalah karena tidak banyak pembuat virus yang menargetkan pengguna MacOS.

Seperti yang kita ketahui sendiri, pengguna MacOS jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan Windows. Maka dari itu para pembuat virus lebih memilih untuk membuat virus Windows karena memiliki jumlah target yang lebih banyak.

7. Keamanan 

Apple memang cukup rajin dan cekatan dalam merilis update security ketika ditemukan celah keamanan di Mac. Untuk hal-hal semacam ini, ini adalah urusan Apple. Dimana Apple merancang setidaknya ada 10 setingan keamanan yang bisa digunakan pengguna di Macbooknya, mulai dari  user password, Guest User, Two-Step Verification, Firewall, FileVault hingga Firmware Password dan anti virus handal.

Kelemahan :

Jika membahas masalah kekurangan, MacBook Air memang memiliki segudang kelebihan dan minim kekurangan. Namun kekurangan pada Macbook Air ini tetap ada seperti,

1. Masih Menggunakan Intel HD

Kebanyakan MacBook masih menggunakan Intel HD. Hanya sedikit saja yang menggunakan VGA tambahan seperti pada seri Pro.

Namun ini hanya masalah kecil saja. Pasalnya hal tersebut memang sudah cukup untuk melakukan editing baik ringan hingga menengah. MacBook memang bukan dirancang untuk laptop gaming, namun bagi Anda yang membutuhkan device yang produktivitas tinggi, seperti desainer atau editor.

2. Memiliki Sedikit Port

MacBook memang sangat tipis, hal tersebutlah yang membuat Apple membuat sebagian port lainnya. Namun kendati demikian, hal tersebut hanya masalah kecil saja, kamu cukup membeli dongle tambahan untuk menggunakan port lainya.

3. Macbook Air untuk seri 2019 Lebih Pelan

Sebuah situs Prancis bernama Consomac melakukan pengujian kecepatan SSD MacBook Air 2019 dengan software Blackmagic Disk Speed Test. Hasilnya, kinerja baca SSD MacBook Air 2019 ternyata lebih pelan 35 persen dibandingkan SSD milik MacBook Air keluaran 2018.

Lebih tepatnya SSD 256 GB MacBook Air 2019 mencatat kecepatan baca dan tulis masing-masing 1,3 GBps dan 1 GBps.

Sementara, MacBook Air 2019 dengan konfigurasi yang sama mencatat kecepatan baca 2 GBps dan kecepatan tulis 0,9 GBps. Dengan kata lain, SSD MacBook Air 2019 sedikit lebih kencang dari MacBook Air 2018 dan 2017, dalam urusan write speed, namun tertinggal jauh soal read speed.

4. Program atau Aplikasi Berbayar

Untuk menginstal program di produk Apple seperti Macbook tidaklah semudah menginstal aplikasi pada laptop biasa.

Macbook harus diinstal dengan program atau aplikasi yang original alias berbayar. Berbeda dengan laptop merek lain pada umumnya dimana masih bisa dioperasikan dengan program atau aplikasi gratis.

Misalnya saja Corel Draw, untuk laptop biasa bisa diinstal secara gratis Full Version, dimana dapat diunduh di website-website program gratisan.

Sementara itu, untuk menginstal program Corel Draw terbaru Versi 2020 di Macbook, kita harus merogoh kantong hingga USD 785.00 atau Rp9,6 juta. (bs/ril)