Tontowi Ahmad Gantung Raket, Ini Alasannya

Tontowi Ahmad

BONEPOS.COM – Atlet bulu tangkis Tontowi Ahmad resmi gantung raket. Pengumuman pensiun Tontowi Ahmad sebagai pebulu tangkis diunggah melalui Instagram miliki pribadinya.

Selain itu, surat pengunduran diri dari pelatnas kepada Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) sudah ia berikan. Tontowi Ahmad juga mengungkap alasannya pensiun.

Pebulu tangkis berusia 32 tahun itu mengaku bahwa keluarga menjadi alasan ia memutuskan untuk gantung raket. Sebab, pria yang akrab disapa Owi itu mengatakan anaknya sering komplain karena jarang bertemu.

"Saya juga ingin lebih dekat dengan keluarga. Saat masih aktif jadi atlet, saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan berlatih dan bertanding," kata Tontowi dalam siaran pers yang dilansir dari Kompas.com.

“Anak saya mulai komplain karena memang susah sekali mereka bertemu dengan saya," ucapnya Peraih medali emas Olimpiade Rio Brasil 2016 itu juga mengungkap alasan lainnya terkait pensiun dari bulu tangkis.

Tontowi mengaku bahwa faktor umur menjadi alasannya gantung raket. "Status saya di pelatnas sebagai pemain magang juga menjadi alasan. Saya sudah tidak muda lagi dan sudah waktunya saya keluar dari pelatnas," ucapnya.

"Saya sudah mendapatkan medali emas Olimpiade, yang merupakan prestasi tertinggi untuk semua atlet," ujar ayah dua anak ini menambahkan.

Kabar Tontowi Ahmad gantung raket sebenarnya sudah tersiar sejak awal tahun. Tontowi berencana mengajukan surat pengunduran diri pada Maret setelah turnamen All England. Namun, pandemi virus corona membuat beberapa rencananya berubah.