Makna Peringatan Hari Pancasila ala Dandim 1425 Jeneponto 

BONEPOS.COM, JENEPONTO - Tepat 1 Juni 2020, hari lahir Pancasila genap 75 tahun. Pengamalan Pancasila suatu hal yang wajib dilakukan bagi segenap bangsa Indonesia terkhusus di dalamnya masyarakat Jeneponto.

Dalam menyambut dan memperingati hari lahir Pancasila itu, bagian dari cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Agar identitas bangsa Indonesia selalu pada hati sanubari.

Setiap perjalanan suatu bangsa tidak luput dari berbagai dinamika yang dihadapinya, namun Pancasila hadir sebagai pemersatu bangsa yang beranekaragam suku, agama, dan bahasanya melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Sehingga momentum ini kita jadikan sebagai spirit dalam menggapai dan mempertahankan kedaulatan negara dan bangsa yang kita cintai ini," ujar Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf. Irfan Amir, Senin (1/6/2020).

Kata Irfan, perayaaan dilakukan sebagai upaya membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

"Beruntungnya kita memiliki nilai-nilai luhur yang tidak akan pernah hilang dari sanubari kita semua, sehingga setiap gangguan dan ancaman yang datang menghempas dapat kita hadapi bersama dalam satu tekad Bhinneka Tunggal ika," imbuhnya

Dia menyebutkan, termasuk Jeneponto merupakan rumah kita, masyarakatnya adalah investasi bangsa dalam membangun karakter daerah yang berlandaskan Pancasila.

Tentu kata Irfan, pada praktiknya terdapat kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong-royong dalam menyelesaikan setiap permasalahan.

"Kita Indonesia, kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam meraih masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur. Mari jaga Negara Indonesia agar terus berdiri kekal dan abadi, salam Kebangsaan. Merdeka," pungkas Irfan. (sam/ril)