Bonepos dan Ini Bone Bos

BONEPOS - SKETZA Bahtiar Parenrengi

Karena perjuangan adalah tanda perjalananmu menuju sukses. Begitu kata orang bijak.

Mungkin kalimat ini cocok untuk bonepos.com. Media yang meniti perjalanannya di tahun 2000 lalu dengan format cetak.

Tentu tonggak sejarah yang perlu diukir. Ada proses awal yang sangat indah untuk dikenang. Yaitu, 20 tahun silam, disaat media belum seramai sekarang, bonepos lahir dengan wajah tabloid.

Kehadirannya sangat menyentak bumi Arung Palakka. Sangat membuat dinamika pemberitaan di jamannya. Dukungan pembaca sangatlah menggembirakan, sehingga kehadirannya untuk dibaca sangat dinantikan.

Hal lain yang tak terlupakan, Kantor bonepos selalu didatangi oleh orang tak diundang untuk melakukan protes. Baik dari kalangan pejabat, aparat hingga preman.

Sungguh telah menjadi pengalaman dalam membangun komunikasi informasi lewat media. Itulah dinamika bermedia. Termasuk dinamika awak media yang terkadang kehilangan semangat. Entah disebabkan oleh ketakutan tekanan psihis ataukah tuntutan ekonomi, karena saat itu belum bisa memberi "ole-ole" yang layak di tiap bulannya.

Ada kesedihan tentunya. Tapi itulah kerja kami yang berniat membangun perubahan berpikir dan bertindak lewat media.

Saya bersama Kaharuddin Andi Tokkong dan Andi Darvin, sebagai penggagas berdirinya media lokal ini, terus menerus menyemangati para awak bonepos. Kami selalu memacu semamgat untuk terus bekerja, walau pun rupiah yang dibawa pulang belum sepadan dengan apa yang diharapkan.

Kini telah lain. Waktu terus berputar dan tantangan serta perkembangan terus berjalan pula.

Kini telah lain. Media terus berkembang. Dan seiring perkembangan zaman, media berbasis kertas sudah mulai terancam keberadaannya. Media cetak kini sudah mulai ditinggalkan sebagian pembacanya. Begitu pula pelanggannya dan bahkan pengiklannya.

Pembaca kini telah dimanjakan dengan media online. Media yang bisa dinikmati kapan dan dimana saja. Media yang beritanya terus-menerus hadir hampir disetiap menit.

Berubahnya format media tersebut, telah memaksa bonepos untuk hadir pada 5 Juni 2012. Tak terasa, sudah memasuki tahun ke 8.

Diusianya yang ke 8 tahun ini, kita menaruh harap untuk terus bertahan ditengah gempuran media lainnya. Kita harus 'memaksa' awak bonepos.com untuk terus berbenah, demi memanjakan pembaca. Disamping itu pula menjaga kredibilitasnya sebagai media online pertama di Kabupaten Bone.

Setidaknya kita harus mengapresiasi kehadirannya yang selalu ditunggu dan dicari oleh pembaca. Untuk itulah, crew bonepos harus menjaga kekompakan untuk mewujudkan sebuah media yang dikelola oleh 'anak lokal', tapi berwawasan dan berkreasi secara nasional.

Sehingga kita bisa berucap, Ini Bone Bos, tempat dimana bonepos dilahirkan dan dibesarkan. Ini Bone Bos, tempat dimana berbagai berita diramu untuk dibaca. Sehingga tidak heran, bonepos sudah menjadi bacaan wajib bagi siapa saja dan orang bone dimana pun berada. Selamat berulang tahun yang ke 8 tahun bonepos.com, semoga sukses selalu.

Penulis:
Bahtiar Parenrengi
Jurnalis Senior Kabupaten Bone