Penampakan Belakang Mako Batalyon A Pelopor Jadi Kolam Nila

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel serius mengembangkan pertanian dengan berbagai metode guna mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah kala menghadapi pandemi Covid-19.

Hal itu setelah berhasil mengembangkan metode hidroponik, kali ini personel Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel mengembangkan metode aquaponik, Jumat (5/5/2020).

Komandan Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel AKBP Darminto, mengajak seluruh perwira Batalyon A Pelopor untuk meninjau pembuatan tanaman aquaponik yang dibuat langsung personel Batalyon A Pelopor.

Saat meninjau lokasi tepatnya di belakang Mako Kompi 4 Batalyon A Pelopor, AKBP Darminto disambut dengan kolam ikan Nila berukuran 4x2 meter yang di atasnya, sementara dibuat wadah yang terbuat dari limbah botol plastik untuk pembuatan tanaman aquaponik yang nantinya akan diisi dengan beberapa jenis sayuran.

Selain itu, Perwira berpangkat dua melati meninjau pembuatan tanaman aquaponik di Mako Kompi 1 dan Kompi 2 Pelopor, di sana Darminto bersama PJU Batalyon A Pelopor melihat pembuatan aquaponik dengan cara yang berbeda. Kali ini, media yang digunakan adalah ember plastik yang berukuran besar nantinya akan diisi dengan ikan air tawar konsumsi jenis lele dan di bagian atas akan dibuat wadah untuk menanam sayuran berupa kangkung dan sawi.

Di tangan kepemimpinan Danyon A Pelopor serta didukung dan bimbingan langsung dari Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, lingkungan sekitar Mako Batalyon Khusnya Kompi Kompi, disulap menjadi lumbung ketahanan pangan yang hasilnya dapat dikonsumsi sehari-hari.

“Kami manfaatkan lahan kosong yang berada di kompi kompi untuk budidaya ikan dan sayuran,” jelas Darminto saat meninjau langsung proses pembuatan lahan ketahanan pangan Batalyon A Pelopor.

"Kegiatan ini terlaksana atas bimbingan dari Komandan Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Muhammad Anis," sebut Darminto.

Saat dikonfirmasi, Dansat Brimob Polda Sulsel menyampaikan, program Sat Brimob Polda Sulsel dengan mengkaryakan Personel di jajaran Batalyon dan Detasemen dalam menciptakan inovasi dalam penguatan ketahanan pangan, seperti pembudidayaan ikan air tawar dan tanaman hidroponik maupun aquaponik ini, diharapkan dapat memiliki manfaat dan sebagai langkah antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi ke depannya. (ril)