Ambil Paksa Jenazah Covid-19, 31 Orang Warga di Makassar Ditangkap Polisi

BONEPOS.COM - ISTIMEWA Sebanyak 31 orang warga di Makassar, Sulawesi Selatan diamankan Polisi lantaran diduga terlibat dalam kasus pengambilan paksa jenazah Covid-19.

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil mengamankan 31 orang warga yang diduga terlibat dalam kasus pengambilan paksa jenazah pasien Covid-19 di Makassar.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulawesi Selatan Komisaris Besar Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi Bonepos.com, Selasa malam (9/6/2020).

"Kasus pengambilan paksa Jenazah di RS. Dadi , Makassar, Polisi telah mengamankan 25 orang dan telah menetapkan 2 terangka yaitu .SA, dan MR," kata Ibrahim.

Sementara itu, untuk Kasus di RS. Stella Maris lanjut Ibrahim, pihaknya mengamankan 1 tersangka yaitu AW. Sedangkan Kasus di RS. Labuang Baji, Polisi sementara ini mengamankan 5 orang tersangka.

"Setelah dilakukan gelar perkara oleh penyidik terhadap kasus pengambilan paksa jenazah di Rumah Sakit Dadi Makassar, RS. Stella Maris, RS Labuang Baji, RS. Bhayangkara, dan prosesnya dinaikkan dari Penyelidikan ke Penyiidikan dan menetapkan tersangka, " ungkap Ibrahim

Ibrahim menyebutkan, tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka akan bertambah, karena saat ini pihaknya masih melakukan penangkapan dan pengembangan terkait kasus pengambilan paksa jenazah ini.

"Selanjutnya, para tersangka pengambil paksa jenazah di Rumah Sakit ini akan dikenakan Pasal yg diterapkan yaitu pasal 214, 335, 207 KUHP dan pasal 93 UU no 6 thn 2018 dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," terangnya.

Ibrahim mengingatkan kepada warga masyarakat agar tidak ada lagi yang melakukan upaya pasksa untuk jenazah Covid-19, karena pihaknya tidak segan-segan akan melakukan tindakan hukum.

"Kami akan lakukan tindakan tegas dan penegakan hukum. Ini demi kepentingan masyarakat yang lebih luas, agar tidak ada lagi aksi yang menjadi potensi penyebaran covid 19," tegasnya.

Seperti yang diketahui, kasus pengambilan paksa jenazah PDP Covid-19 oleh pihak keluarga terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kejadian tersebut terjadi di RS Dadi Makassar pada 3 Juni lalu dan rekaman peristiwa itu beredar viral di media sosial. (ril).