Timnas U-16 Satu-Satunya Wakil Asia Tenggara yang Lolos Ke Putaran Final

Timnas Indonesia U-16

BONEPOS.COM - Timnas Indonesia U-16 menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 di Bahrain.

Pot 1 akan diisi oleh tuan rumah Bahrain, Jepang, Tajikistan, dan Korea Selatan.

Di pot kedua ada Bima Sakti , Australia, Korea Utara dan Oman. Pasukan Bima Sakti berpotensi bertemu lawan-lawan besar dari Asia Timur yang memiliki tradisi juara.

Sementara di pot ketiga ada India, Iran, Yaman dan Arab Saudi. Lalu di pot keempat terdapat China, Uzbekistan, Qatar dan Uni Emirat Arab.
Undian babak fase grup akan dilangsungkan pada 18 Juni mendatang di markas AFC di Kuala Lumpur, Malaysia.

Daftar juara dalam empat edisi terakhir:

  • 2012 Uzbekistan
  • 2014 Korea Utara
  • 2016 Irak
  • 2018 Jepang

Sebelumnya, pada tahun 2018 silam Indonesia sempat melaju hingga babak perempat final, dimana Sutan Zico dkk. tumbang dari Australia dengan skor 3-2.halaman 2 dari 3

Tak ada lawan mudah bagi Timnas U-16 dan pelatih Bima Sakti mengharapkan yang terbaik dalam hasil undian Piala Asia U-16 2020.

"Mulai main di 16 September dan pada 18 Juni ini rencananya akan dilakukan drawing pembagian grup,” kata Bima Sakti dikutip dari laman Bolasport.

“Tentunya kami berharap mendapatkan hasil pembagian grup yang terbaik. Semoga kami juga bisa lolos ke babak berikutnya,” ucapnya.

“Saya pikir kami harus mempersiapkan yang terbaik juga. Kami kemarin beberapa kali telah menonton beberapa pertandingan waktu melawan China, kemudian waktu melawan Korea Selatan saat di Myanmar. Walaupun kami bisa mendapatkan hasil imbang, masih banyak kekurangan yang harus dibenahi,” katanya.

"Melawan tim-tim yang dikatakan bagus di atas kami dan Korea Selatan memang tim yang matang, pemainnya juga rata-rata berpostur tinggi,” tutur Bima Sakti.

Nantinya empat semifinalis ajang ini akan mewakili Asia dalam Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru.

Seperti diketahui, Piala Asia U-16 yang dijadwalkan berlangsung di Bahrain awalnya akan digelar pada 16 September hingga 3 Oktober, diundur ke akhir bulan November hingga pertengahan Desember.