Belum Kantongi Rekomendasi, Masjid Mako Brimob di Bone Buka untuk Salat Berjamaah?

BONEPOS.COM, BONE - Roda perekonomian berangsur bergerak kembali di tengah pandemi Covid-19. Demikian, aktivitas beribadah di rumah ibadah, juga mulai ramai. Tapi ingat, protokol kesehatan, tak boleh terabaikan.

Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, menyadari hal itu. Sebagai wujud Bakti Brimob untuk masyarakat, maka Danyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, menyajikan video berisi tentang tata cara pelaksanaan salat berjamaah.

Pengambilan video ini dipusatkan di Masjid Babul Ikhlas dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hal ini dilakukan mengacu Surat Edaran Bupati Bone nomor 188.6/1002/VI/SET, 8 Juni 2020 tentang penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam masa pandemi Corona Virus Disease (Covid19).

Dalam video berdurasi 2 menit itu, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menampilkan tata cara pelaksanaan salat berjamaah di Masjid Babul Ikhlas Batalyon C Pelopor, mulai dari pengecekan suhu tubuh terhadap seluruh jamaah, saat akan masuk ke masjid, kemudian sterilisasi di bilik dekontaminasi hingga mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer.

Selain itu, saat berada di dalam masjid, jamaah wajib mentaati tanda-tanda yang ada di area masjid, mulai dari tanda untuk masuk dan keluar masjid, tanda saf yang telah diatur dengan penerapan phsycal distancing hingga tetap menggunakan masker.

Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan memaparkan, pembuatan video ini sebagai bukti bila masjid Babul Ikhlas Batalyon C Pelopor telah memenuhi syarat untuk menggelar kegiatan keagamaan secara berjamaah.

"Benar kami telah membuat sebuah video yang berisi tentang prosedur pelaksanaan salat berjamaah dengan protokol pencegahan Covid-19, dan melayangkan surat kepada Gugus Tugas PPC 19 agar Masjid Babul Ikhlas Batalyon C Pelopor mendapatkan rekomendasi untuk menyelenggarakan kegiatan ibadah secara berjamaah," Jelas Kompol Nur Ichsan, Kamis (11/6/2020).

Danyon C Pelopor juga menambahkan, Masjid Babul Ikhlas Batalyon C Pelopor merupakan masjid yang pertama mengajukan surat permohonan rekomendasi kepada Gugus Tugas PPC 19 Kabupaten Bone tentang penyelenggaraan kegiatan keagamaan secara berjamaah di rumah ibadah di kabupaten Bone.

"Dalam kegiatan ini kami juga sekaligus mengedukasi masyarakat dan pengurus-pengurus rumah ibadah lainnya tentang tata cara pelaksanaan kegiatan keagamaan secara berjamaah dan tata cara pengajuan rekomendasi kepada Gugus Tugas PCC 19. Karena untuk di kabupaten Bone, menurut Gugus Tugas baru Mesjid Babul Ikhlas Batalyon C Pelopor yang mengajukan permohonan rekomendasi untuk menggelar kegiatan keagamaan di rumah ibadah secara berjemaah di tengah pandemi Covid 19," tambah Danyon C Pelopor.

Sementara itu, Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis berujar, kegiatan keagamaan di rumah ibadah yang berada dalam kantor atau ksatrian dapat dilakukan berdasarkan rekomendasi pada daerah masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

"Untuk para Komandan Batalyon dan Detaseman jajaran Satbrimob Polda Sulsel agar mengakomodasi kegiatan keagamaan di rumah ibadah yang berada di Mako Batalyon sesuai dengan anjuran dari pemerintah daerah masing-masing . Penyedian fasilitas ini nantinya bukan hanya bagi personel melainkan juga bagi warga umum yang ingin beribadah di tempat kita dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19, sehingga seluruh jamaah dapat menjalankan ibadahnya dengan hikmat dan aman dari Covid-19," pungkas Kombes Pol. Muhammad Anis. (ril)