Skandal Geprek Bensu : Gugatan Ruben Dibatalkan MA, Netizen Heboh

BONEPOS.COM - Mahkamah Agung (MA) menolak gugatan artis Ruben Onsu atas kepemilikan merek dagang dengan nama Geprek Bensu milik PT Ayam Geprek Benny Sujono.

Tembus 40 ribu kicauan tentang Ruben terjadi hingga Jumat (12/6/2020), pukul 22.00 WITA

Cuitan ini ramai setelah Mahkamah Agung menyatakan menolak gugatan artis Ruben Onsu. Putusan itu membuat enam merek dagang yang diajukan Ruben Onsu pun batal demi hukum.

Pembatalan hak merek itu tertuang dalam Putusan Nomor 57/Pdt.Sus-HKI/Merek/2019/PN Niaga Jkt.Pst. Putusan itu menindaklanjuti gugatan yang dilayangkan oleh Ruben Onsu kepada PT Ayam Geprek Benny Sujono selaku pemegang merek I Am Geprek Bensu Sedep Beneerrr yang dinilai sama dengan Geprek Bensu miliknya.

Salah satu akun yang berkomentar adalah akun @Hendi04183161. Dia mengaku baru menyadari bahwa Bensu bukan merupakan singkatan dari Ruben Onsu.

"Akhirnya gw sadar, Kebodohan yang sesungguhnya bukan ketika gw mencintai dia yang gak mencintai. Tapi gw menganggap bahwa BENSU adalah singkatan dari Ruben onsu," kicau @Hendi04183161.

Sedangkan akun @tonystarksipit menyampaikan pemilik 'Geprek Bensu' bukan milik Ruben Onsu. Dia menyebut pemilik merek itu adalah Benny Sujono. Sehingga, dia menilai orang salah resto ketika makan di ayam geprek Bensu yang ada gambar Ruben Onsu-nya.

"Selama ini kita mengenal merek "Geprek Bensu" milik Ruben Onsu, padahal tidak. Pemilik aslinya bernama Benny Sujono dengan merek usaha I Am Geprek Bensu. Jadi yang selama ini makan ayam geprek bensu yang ada gambar Ruben Onsu nya, anda salah resto," kicau @tonystarksipit.

Netizen lain menyamakan kasus Ruben dengan Krusty Crab di Spongebob. Dalam kartun itu, Plankton diketahui selalu berusaha mencuri resep Krabby Patty yang dijual di Krusty Krab's milik Mr. Krabs.

"Liat kasusnya ruben onsu vs benny sujono aku jd teringat kasusnya plankton dan tuan crab," kicau @retnoayyus.

Bahkan ada yang menyarankan untuk berdamai saja.

"Yang duluan: I am Geprek Bensu.
Yang niru: Geprek Bensu.
Apa tidak sebaiknya berdamai merger jadi satu lalu menjadi We Are Geprek Bensus. Ciut @handokotjung

Setelah MA menolak gugatan, lembaga peradilan itu juga membatalkan terkait lukisan dan logo atas nama Ruben Onsu. Alasannya, merek dagang Geprek Bensu menyerupai usaha tergugat.

MA turut memerintahkan Direktorat Merek dan Indikasi Geografi dan Direktorat Jenderal Hak dan Kekayaan Intelektual di Kementerian Hukum dan HAM mencoret pendaftaran merek-merek Geprek Bensu atas nama Ruben Onsu dari Indonesia Daftar Merek. (atk/ril)