Tersangka Kasus Novel Dihukum 1 Tahun Penjara, Netizen : Gak Masuk Akal

Pelaku penyiraman air keras terhadap Penyidik KPK Novel Baswedan dibawa petugas saat tiba di Bareskrim Mabes Polri di Jakarta, Sabtu, 28 Desember 2019. Polisi berhasil mengamankan dua pelaku penyiraman terhadap penyidik KPK Novel Baswedan yang merupakan anggota Polri aktif dengan inisial RM dan RB. ANTARA

BONEPOS.COM - Terdakwa kasus penyerangan air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan dituntut satu tahun penjara.

Keputusan tersebut dibacakan oleh Jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (11/6/2020). Kedua terdakwa Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Mahulette diputuskan bersalah dan dihukum satu tahun penjara.

Jaksa menilai terdakwa telah terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana bersama-sama melakukan perbuatan penganiayaan dengan rencana terlebih dahulu yang mengakibatkan luka-luka berat.

Terdakwa menerangkan, perbuatan itu dilakukan karena menganggap Novel telah mengkhianati institusi Polri.

Hukuman tersebut jauh dari tuntutan korban, namun jaksa berkilah dengan adanya hal-hal yang meringankan yaitu, terdakwa belum pernah dihukum sebelumnya, terdakwa mengakui perbuatannya di persidangan, terdakwa kooperatif dalam persidangan, terdakwa telah mengabdi sebagai anggota Polri selama 10 tahun.

Jaksa juga beralasan jika tuntutan yang diberikan pada kedua terdakwa itu sesuai dengan pasal yang diterapkan sebab menurut jaksa kedua terdakwa tidak berniat untuk melukai bagian wajah Novel melainkan tubuhnya.

Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis dinilai terbukti melanggar Pasal 353 ayat 2 KUHP Jo. Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Mengetahui ringannya tuntutan Jaksa terhadap terdakwa, warganet meluapkan emosinya di media sosial. Mereka juga menganggap apa yang menjadi alasan dari kedua terdakwa itu tidak masuk diakal.

Bahkan 'Ga Sengaja' menjadi trending topik Twitter, telah ada sembilan ribu cuitan membahas mengenai kasus Novel Baswedan ini.

"Ga sengaja tapi pake air keras!? hanya 1 tahun!? negara lawaaaak!!!" tulis @irwancihuy.

"Welcome to Indonesia dimana orang bisa buta karna ga sengaja kesiram air keras," tulis @cikgubesar_.

"Pelakunya beli air keras ga sengaja ? Nunggu NB selesai shalat subuh juga gak sengaja ? Lalu nyiram air keras ke wajah NB dan bikin cacat 1 matanya juga ga sengaja ? dzolim kalian!!" tulis @alfathiraja.