Terungkap, 8 Fakta SpongeBob yang Jarang Diketahui Penonton

BONEPOS.COM - Kartun SpongeBob SquarePants adalah animasi yang populer di Indonesia, kartun asal amerika digandrungi banyak penggemarr, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Tahukah, serial animasi fiktif berlatar kota bawah laut, Bikini Bottom ini dibuat oleh seorang ahli biologi kelautan dan animator Stephen Hillenburg untuk Nickelodeon.

Kartun ini terhitung sudah menghasilkan ratusan episode, yang beberapa di antaranya mungkin kalian pernah nonton dan ada yang masih nempel di kepala kalian.

Tapi ada loh beberapa hal dalam kartun SpongeBob SquarePants yang mungkin banyak orang belum tahu. Hal-hal apa aja itu? Simak 8 fakta SpongeBob versi redaksi Bonepos.com.

1. Episode pertama SpongeBob pertama kali ditayangkan Nickelodeon pada tanggal 1 Mei 1999.

fakta film spongebob

2. Tanggal lahir SpongeBob

SIM SpongeBob
SIM SpongeBob

Menurut SIM miliki SpongeBob, dituliskan bahwa karakter sponge berwarna kuning tersebut lahir pada 14 Juli 1986. Jadi, sekarang umurnya udah 32 tahun, sob!

3. Nama awal SpongeBob adalah SpongeBoy

Sang pencipta, Stephen Hillenburg awalnya menamainya SpongeBoy, tapi kemudian diubah menjadi SpongeBob setelah menemukan fakta bahwa nama itu sudah digunakan oleh sebuah perusahaan pel dan hak ciptanya dilindungi.

4. Squidward bukanlah cumi-cumi

Squidward adalah gurita

Squidward adalah gurita. Masih banyak yang mengira bahwa Squidward adalah cumi-cumi, tapi sebenarnya dia adalah gurita. Meski cuma memiliki enam tentakel, para pencipta mengatakan dia adalah gurita. Menurut mereka,karakter Squidward akan tampak terlalu terbebani dengan delapan tentakel.

5. Berat dan rambut Patrick

SIM milik Patrick
SIM milik Patrick

Seperti halnya SpongeBob, Patrick juga punya SIM. Dalam SIM-nya, dituliskan bahwa Patrick memiliki rambut berwarna pink dan beratnya hanya 2 ons atau sekitar 56,7 gram.

6. Konsep awal

Pada awal diciptakan, SpongeBob digambarkan dengan menggunakan topi berwarna hijau, tapi kemudian diputuskan untuk nggak digunakan.

7. Krusty Krab sebenarnya adalah perangkap lobster

Krusty Krab dan perangkap kepiting

Krusty Krab dan perangkap kepiting

8. Bikini Bottom terinspirasi dari tempat di dunia nyata

Bikini Atoll

Bikini Atoll

Bikini Bottom diceritakan sebagai kota bawah laut di bawah pulau nyata Bikini Atoll. Pulau yang terletak di Mikronesia ini merupakan lokasi banyak uji coba nuklir yang dilakukan Amerika pada tahun 1940-an dan 1950-an. (*)